08 April 2010

Melewati Flu


(sumber gambar: http://www.health-niche.com/174/flulaval-%E2%80%93-fighting-against-influenza/)

Pernah merasakan 'nikmatnya' influenza? Hehehe... wah, memang, salah satu penyakit yang 'akrab' dengan kehidupan sehari-hari ini sering bikin jengkel. Apalagi di awal mula terjangkit virus ini. Beuh... kepala rasanya berat banget. Selain itu, hidung rasanya nggak enak dan lama-lama indera penciuman kita jadi berkurang fungsinya.
Mamangnya, apa sih influeza itu? Yuks, kita simak tulisan ringkas, padat, dan bermanfaat yang saya ambil dari http://medicastore.com/penyakit/32/Influenza.html ....


Influenza (flu) adalah suatu infeksi virus yang menyebabkan demam, hidung meler, sakit kepala, batuk, tidak enak badan (malaise) dan peradangan pada selaput lendir hidung dan saluran pernafasan. Virus ditularkan melalui air liur terinfeksi yang keluar pada saat penderita batuk atau bersin; atau melalui kontak langsung dengan sekresi (ludah, air liur, ingus) penderita. Influenza berbeda dengan common cold.
Gejalanya timbul dalam waktu 24-48 jam setelah terinfeksi dan bisa timbul secara tiba-tiba.Kedinginan biasanya merupakan petunjuk awal dari influenza.Pada beberapa hari pertama sering terjadi demam, bisa sampai 38,9-39,4?Celsius.

Banyak penderita yang merasa sakit sehingga harus tinggal di tempat tidur; mereka merasakan sakit dan nyeri di seluruh tubuhnya, terutama di punggung dan tungkai.
Sakit kepala seringkali bersifat berat, dengan sakit yang dirasakan di sekeliling dan di belakang mata. Cahaya terang bisa memperburuk sakit kepala. Pada awalnya gejala saluran pernafasan relatif ringan, berupa rasa gatal di tenggorokan, rasa panas di dada, batuk kering dan hidung berair. Kemudian batuk akan menghebat dan berdahak.
Kulit teraba hangat dan kemerahan, terutama di daerah wajah. Mulut dan tenggorokan berwarna kemerahan, mata berair dan bagian putihnya mengalami peradangan ringan.
Kadang-kadang bisa terjadi mual dan muntah, terutama pada anak-anak.

Setelah 2-3 hari sebagian besar gejala akan menghilang dengan segera dan demam biasanya mereda, meskipun kadang demam berlangsung sampai 5 hari.***

Nah, gimana? Tentunya pada ngeh kan sama penyakit flu? Apalagi setelah membaca penjelasan tadi.
Memang, sebetulnya, yang namanya penyakit atau virus itu ada di mana-mana. Kita memang nggak sadar karena nggak terlihat. Diam-diam, jutaan virus jahat mengincar kita dan bersiap masuk ke tubuh kita, lalu berevolusi menjadi bibit penyakit. Di sinilah pentingnya menjaga daya tahan tubuh. Jika, daya tahan tubuh kita oke, sebanyak apapun virus yang mengintai, tentunya mereka nggak akan berani masuk ke tubuh kita. Kalaupun sempat masuk, si daya tahan tubuh kita, yang bisa kita visualisasikan sebagai superman mini di dalam tubuh, akan membunuh bibit-bibit penyakit yang berbahaya itu.
Jadi, perkuatlah daya tahan tubuh kita dengan makan secara teratur, mengonsumsi vitamin, makan makanan bergizi, cukup istirahat, dan banyak minum air putih yang dapat membuang toksin dari dalam tubuh kita.
Terkadang, cuaca juga berpengaruh lho terhadap daya tahan tubuh kita. Pergantian cuaca selama ini diyakini dapat menjadi penyebab timbulnya flu. Sekali lagi, di sinilah pentingnya menjaga daya tahan tubuh.

Nah, kalau flu sudah mulai menyerang,jika cocok, kita dapat mengonsumsi obat-obatan anti flu. Sebaiknya sih atas restu (halah, restu) atau petunjuk dari Dokter. Tapi, kalau kita termasuk orang yang jarang mengonsumsi obat-obatan semacam itu, bisa juga kok diobati secara alami. Konon, kata Ibuku, kita harus buaaanyak minum air putih. Kalau perlu sih segalon dalam sehari.
Yang nggak kalah pentingnya, yaitu TIDUR. Yups. Tidurlah agar tubuh kita fit. Terus, kita nggak boleh angin-anginan apalagi hujan-hujanan.

Nah, kalau sakit berlanjut, hubungi dokter, kayak yang ada di iklan-iklan TV. Hahahaha...

Pokoknya, menurutku tindakan antisipasi pertama saat flu atau menjelang flu itu adalah istirahat dan minum air putih sebanyak-banyaknya. Selanjutnya, terserah Anda... mau ke dokter, mau minum obat warungan, mau makan buah-buahan, mau apapun.. bebas lah... :)

Semoga lekas sembuh!

link terkait:


07 April 2010

hanya sedikit luapan rindu

suatu hari, tiba-tiba jamari saya tanpa kendali menari-nari di atas keypad handphone saya. Lalu, saya posting sebagai status di fesbuk tanggal 6 April 2010. Haha.. mungkin ini hanya sedikit ungkapan dari luapan rindu yang hakikinya meluap-luap seperti magma gunung berapi.. halah..
this is it! selamat membaca...


(sumber gambar: http://www.bmtfm.com/?/379)

mungkin wajah dunia memang baik-baik saja tanpa adamu... Tetapi, ada sepetak lahan tandus yang sesekali perlu kau jenguk, kau sirami dengan air sehingga tertebuslah setiap kersak deraan rindu..
Sejauh apapun kapalmu berlayar, kembalilah pada pelabuhan yang selalu melepas pergimu sampai kau sirna di balik kabut waktu..

April, 2010