28 August 2008

Puisi - Jikustik

aku yang pernah
engkau kuatkan
aku yang pernah kau bangkitkan
aku yang pernah kau beri rasa

saat ku terjaga hingga kuterlelap nanti
selama itu aku akan selalu mengingatmu

kapan lagi kutulis untukmu tulisan-tulisan indahku yang dulu
pernah warnai dunia
puisi terindahku hanya untukmu




mungkinkah kau ‘kan kembali lagi
menemaniku menulis lagi
kita arungi bersama
puisi terindahku hanya untukmu

27 August 2008

Nggak ada yang abadi di dunia, termasuk persahabatan



---Di sela-sela hari yang gue lalui, terkadang gue lupa bahwa gue sebenernya nggak pernah sendiri----

Ya, ini tentang sahabat gue. Dia yang bertahun-tahun gue banggain sebagai sahabat terbaik. Dia yang udah gue anggap seperti sodara sendiri. Bahkan, nggak ada jarak antara dia dengan keluarga gue.

Dulu, berkali-kali dia memproklamirkan dirinya sebagai sahabat terbaik gue. Berkali-kali juga dia netesin air mata di depan muka gue sambil berucap bahwa dirinya ngerasa beruntung banget karena bisa menjalin persahabatan dengan gue. He is a part of my life.

Tapi waktu udah ngubah segalanya. Mungkin waktu jugalah yang telah membuatnya menarik kembali kata-katanya. Atau semua yang terlontar dari mulutnya dulu hanyalah euforia sesaat. Atau juga ada suatu hal yang membuatnya nggak bisa lagi jadi bagian terbaik dalam hidup gue. Bisa jadi, ada kecacatan dalam sikap gue yang dikutukinya dalam-dalam. Entah.Yang gue tahu, dia pergi tanpa gue ngerti penyebabnya.

Nggak ada yang abadi di dunia ini, termasuk cinta manusia dan persahabatan. Kalimat itu, dulu berkali-kali gue bantah hanya kerena gue ngerasa punya seorang sahabat sejati. Gue lupa bahwa memang nggak ada yang abadi dalam kehidupan, kecuali cinta hakiki-Nya yang nggak pernah berenti berpendar di selasar hidup gue.

Berbulan-bulan setelah untuk terakhir kalinya gue ngerasa masih jadi sahabatnya, akhirnya gue menyadari sesuatu.
Gue terkadang lupa sama orang-orang yang saat ini ada di sekeliling gue. Gue juga nggak ngerti kenapa dalam hal persahabatan, di kepala gue hanya ada dia. Padahal, di sekitar gue begitu banyak orang yang nggak pernah memproklamirkan dirinya sebagai sahabat gue tapi telah jadi lengkung pelangi di atas kepala gue. Orang-orang itu nggak pernah nuntut apapun dari gue, begitu juga sebaliknya, gue nggak pengen nuntut apapun dari mereka. Segalanya mengalir gitu aja.

Ya, mereka memang bukan orang yang pernah nangis di depan gue sambil bilang bahwa gue adalah sahabat terbaiknya. Tapi, mereka adalah orang-orang yang masih ngakuin keberadaan gue di dunia ini. Mereka masih nganggap gue ada.

Sekarang, gue akan berusaha untuk nggak peduli lagi sama apapun anggapan dia tentang gue. Sama apapun alasan dia untuk tiba-tiba menjauh dari kehidupan gue.
Gue pikir 100 orang teman, meskipun hanya kenalan biasa, tentunya jauh lebih baik daripada 1 orang sahabat hipokrit yang nggak pernah ngerti arti ketulusan dalam sebuah persahabatan.

Gue nggak pernah nyesel pernah lalui momen-momen dengan dia. Yang gue sesali adalah gue sempet nggak ngeh kalo di sekeliling gue banyak banget orang-orang baik.

didedikasikan untuk:
1. Orang yang telah mencipta jarak yang sulit dimengerti akal.
2. Orang-orang baik yang ada di sekeliling gue.

25 August 2008

Cin Cin Pon Pon


Lalalalala
Cin cin pon pon 2x
Cin cin babaji

Mama ga yonderu onichan
Ofuro soro soro waita yo
Terebi keshite sa hayaku
Ofuro issyoni hairoo!

*reff

Mendokusaina
Cin cin pon pon Cin cin pon pon cin cin wa dame ne
Ah sugu kiru yo
Cin cin pon pon Cin cin pon pon ga yowamushi
Nani miteru no sa?
Cin cin pon pon Cin cin pon pon Cin cin pon pon wa nanimo!
Yoku arainayo! Cin cin pon pon Cin cin pon pon
Cincin pan aratteru yo

Nande nazekana wakannai
Hora me watashi to oniiichan
Maru de chigau ga yappari
Mama to ne papa mo chigau yo

Ah mata miteru
Cin cin pon pon Cin cin pon pon datte
Me o maruku shite
Cin cin pon pon Cin cin pon pon hen ne
Mo yudacchau
Cin cin pon pon Cin cin pon pon doshite
Mama pantsu dashite
Cin cin pon pon Cin cin pon pon fushigi ne
Nanika fushigisa?
Cin cin pon pon Cin cin pon pon doshitekanaaa??

23 August 2008

Kersak Musim di Batas Horison Jingga


diamku pandangi langit
kerinduanku bersisa jarak
meranggas tak ubahnya dedaun di musim kemarau

lanskap itu merekah
seperti rekah aura bunga di selasar hampa
semburat jingga melebur dalam biru duka

kau tahu..?
membunuh renjana adalah pendakian puncak gunung tertinggi
dalam hidupku
tak semudah lentik jemari arjuna saat lesatkan pasupati
ke jantung srikandi
inikah yang dinamakan bharatayuda?

aku gagal menjadi ksatria di kurusetra
sementara, mahkotaku terus berpendar menyala-nyala
menyemai CINTA dan DENDAM

dan...
meronalah jingga di horison yang kutatap di bandara
aku tertunduk mengakui kekalahan
saat pesawat mendarat dengan bising suara yang
memekakkan telinga

iGhiW 2008

12 August 2008

Invasi Kebun Teh



Beberapa pria terlihat sedang melakukan invasi terhadap salah satu kebun teh di Jawa Barat.
Apa yang mereka cari? Entah kesejukan alam pegunungan, canda tawa, sepiring indomie dan ketan bakar, segelas bandrek dan kopi, perawan penghias jingga senja, atau mungkin yang mereka cari hanyalah riuh di tengah sunyi jiwa. Bahkan, bisa jadi yang mereka cari hanyalah tiupan angin yang meradang di lanskap langit...
Entah...
yang jelas... tak lama setelah itu, selimut malam mulai datang merengkuh. Menemani sunyi jiwa di bawah pendar redup sang bulan sabit.

Ghiet 2008

09 August 2008

Saat Kau Menatap ke Arah yang Lain




Entah berapa kaki jarak yang telah ditempuh...
Bersisa kenangan yang hadirkan kersak di pergantian musim
Lalu...
kau menatap ke arah yang lain
kau ingin berlari ke arah itu tanpa melihat adaku dalam genggamanmu

aku tahu
kau ingin pergi dan berlari..
tetapi, jemariku belum sanggup melepasmu begitu saja

saat kau menatap ke arah yang lain
aku hanya ingin belajar menjadi pohon yang kokoh diterpa badai duka luka

kelak, mungkin aku akan sanggup untuk benar-benar melepasmu...

Ghiet 2008

Menunggu Matahari



Kawan...
di selasar kerinduan ini kusematkan segenggam doa
untuk kalian...
kusimpan ribuan rindu

aku ingin berjumpa dengan kalian, hanya itu
seperti dulu, saat kita menunggu matahari di sebuah bukit bernama persahabatan
seperti dulu, saat kita mulai berlari ke arah pilihan kita masing-masing
seperti dulu, saat jarak dan waktu hanya bisa berbicara tentang pijar rasa hati yang kuat
seperti dulu, saat pendar jiwa jadi semarak dalam diri kita...


Ghiet 2008

04 August 2008

Bidikan Sepi



Kuterima sepi
sebagai bidikan yang menghujam tanpa henti
gelap ku tak peduli
terang ku tak ingin pergi

berlariku di ranah letih
bernyanyiku di parau cuaca

kuterima sepi
di pematang doa
sebagai bidikan yang menyetubuhi hampa deret lukaluka

Ghiet 2008

Ciwidey TRIP 2008






Peserta yang Dikitan

Beberapa hari yang lalu, temenku Rojak ngajak berkunjung ke rumah Hani di Ciwidey hari Sabtu Minggu. Tadinya sih, aku mau ke Ciater, kata Ria, Dody ngajakin ke sana. Tapi, berhubung infonya masih simpang siur, ya udah, lebih baik ngewujudin rencana Rojak dulu.
Sebenernya sempet ada kesimpang siuran info juga. Kata Ojak, Ulie yang ngajak. Tapi kata Ulie, Ojak yang ngajak. Wah, gini nih yang bikin aku jadi bingung. Salah salah bisa terjadi miss komunikesyen.
Aku pun gencar mengirimi teman-teman dengan sms ajakan. Sebagian besar membisu tanpa kabar.
Dan... stelah terjadi berbagai hal, akhirnya yang ‘terpilih’ (hehehe) untuk berangkat adalah Igiw McCartney, Abdul Qodir Rojaklani, Andi and The Breels, Ria Jenaka, dan Uliw Cuwih Minah. Ojak boncengan ma Ulie, Brel ma Ria, aku sendirian.
Ria juga asalnya nggak akan ikut. Tapi dengan segenap jiwa raga, akhirnya aku berhasil meraih hatinya (naoooon deuih?)
Wah, dari 70 orang teman satrasia 2002 yang ikut hanya sedikit. Ya, tapi nggak apa-apa. Liburan kali ini harus disyukuri dan dimanfaatkan sebaik mungkin.
Makanya aku rada sebel sama Ulie yang uring-uringan gara-gara anak-anak yang ikut cuma seiprit. Hah, sentimentil banget. Yang ada juga harusnya kita yang segini ini harus berusaha bikin event kali seru abis walau cuma dikitan. Jangan cuma uring-uringan mulu. (PASTI yang BERSANGKUTAN NGGAK NGAKU dan NGGAK NYADAR KALO DIA TUH NAMPAK SUNTUK BETE DAN ITU BISA NINGKATIN HORMON KEBETEAN ORANG, APA LAGI ORANG TEMPE KAYAK AKU, hehehe....).
Lagian kasian kan ke Ojak sebagai pemrakarsa. Dia pasti sedih banget ngeliat temen-temen yang diajaknya bete. Bener teu, Jak?


Tentang “TOURING”

Aku sempet bawel ke Ojak. Abis, pas berangkat, dia ngilang duluan. Padahal aku sama Brel nggak terlalu ngerti jalan.
Di Soreang, aku ma Brel sempat beda pendapat di persimpangan. Aku pengen ke arah A, Brel yakin ke arah B. Syukurlah aku mau nurut sama Brel, coz jalan pilihannya memang benar. Kami nggak ketemu Ojak sampai pada akhirnya sampai di dekat rumah Hani.
Aku komplain dong, soalnya kita nyaris kesasar. Lagian, aku pengennya kita bareng. Kalaupun ada yang rada ngebut, seharusnya di tiap persimpangan yang membingungkan nungguin yang lain. Atau mungkin ada yang mau ngisi bensin dulu.
Tapi karena komplain aku tersebut, kayaknya Ulie nggak nerima tuhhh... makanya kayaknya dia senewen sama aku....

Makanya tiap aku duluan, pas aku berenti dulu dan berpapasan dengan aku, Ulie selalu bilang, “KATANYA, TOURING, KO DULUAN”
Ih, dasar, meskipun aku duluan, aku kan tetep berenti nungguin yang lain. Mungkin dikira Ulie, komplain aku ke Ojak tadi isinya adalah keharusan bahwa kita harus beriring-iringan seperti rombongan pengantin... MBO PAPO

ARRRGG... Ulie, Ulie... bukan itu maksud aku. Maksud aku... orang yang paling depan, silakan aja mau ngebut, mau jungkir balik, mau jumping... tapi tetep inget yang laen, nungguin yang lain, jangan keasyikan sendiri.... GITUUU!!!
Nggak lupa kan, pas aku sama Hani dan suaminya nungguin kalian di salah satu saung di jalan menuju Kawah Putih?
Nggak lupa kan pas di tengah jalan, setelah aku berada jauh di depan kalian, aku berenti nungguin Ojak dan nyuruh Ojak maju duluan?
Inget kan, waktu Brel berenti ngecek motornya, karena body depannya patah. Saat yang lain duluan nyari warung makan, aku mah balik lagi nyamperin si Brel, takut terjadi apa-apa.

ITU MAKSUD AKU, tauuuuuu.... dasar, makanya jangan suudzon, hehehe.... weee... dasar mbo papo.
Aku kan anak yang care dan khawatiran sama temen-temen. Nggak selfish (tau artinya selfish? Buka kamus B. Inggris). Apalagi perjalanan kita cuma dikitan. Nggak ada Yadi, Reka, Dody, Dani, dan lain-lain yang memang sering dan terbiasa melakukan perjalanan jauh.
Makanya jadi we pas perjalanan pulang aku jadi bete dan ngacir aja duluan tancap gas. Abisnya bete sama omongan dan sikap Ulie sih... AKU kan TEMPE..(hehe... udah lewat siiih)

Di Rumah Hani
Waw... sekitar jam 11.30, kami sampai juga di rumah Hani. Di sana setelah disuguhi strawberry dingin, kami sholat dan makan bersama. Subhanallah... nikmat. Udah gitu, akhirnya kami melihat anaknya Hani yang lucu dan putih. Panggilannya Abi. Lucu bangetlah... perpaduan Hani dan A Agus banget.

Jalanan Penuh Kenangan
Setelah sholat dan makan, kami pun berangkat. De Abi nggak diajak karena lagi sakit.
Di jalan kami beriring-iringan. Kami ngikutin suaminya Hani dengan kecepatan sekitar 40 km per jam. Wah... gilee... udah lama banget aku nggak ke daerah Ciwidey.
Berbagai kenangan lalu-lalang di kepala aku. Aku inget saat sama anak-anak Satrasia 02 naik kol buntung ke situ Patengan. Aku inget saat sama anak-anak Terase 06 Pendas di Rancaupas. Aku inget saat P2M ke Sinumbra saat Milha jatuh di dalam truk dan tulang dadanya kena lutut aku sampai-sampai dia kesakitan. Dan... aku ingat kisah bunga Kecubung Wulan dan Rahmat alias Uwhen dan Ulis beberapa tahun yang lalu... jadi... aku inget THE SECRET of SERGEANT deh... Hehehe... anak-anak SMA pa kabar kalian semuwa?

Kawah Putih, Akhirnya (AKU) Datang Juga!!!
Inget nggak sama event anak-anak satrasia 02 pas Hani nikah tahun 2006? Beberapa anak melanjutkan perjalanan mereka ke KAWAH PUTIH. Dan aku nggak ikut karena mobilnya nggak cukup. Padahal, aku yang ikut pusing ngatur-ngatur pembagian alokasi orang yang naik mobil.
Nah, finally aku sampai di kawah putih yang sering aku lihat di tv. Di sinetron Arjuna yang soundtracknya dinyanyiin Andre Stinky, di film Heart yang dimainin sama Nirina Zubir, Acha Septi Rasa (nulisnya gimana sih?), dan Ighietsyah (hehehehe).
Yah... seperti biasa... foto-foto... lihat pemandangan. Dan memang bagus banget. Aku suka dengan warna biru kehijauan di kawahnya. Tapi, kenapa namanya bukan kawah biru ya? Entah.
Di sana kakiku nyemplung ke lumpur belerang yang mirip es krim. Bodor. Oiya, di sana aku ketemu 2 temen kantor, lho (maaf, identitas kami rahasiakan). Hehehhehe.

Kaca Muka Bundaku
Ulie dikasih pinjem kaca muka sama Mama aku. Kaca muka: kaca mata yang nyaris nutupin semua muka, ala 70-an gitu deh. Sli dari jaman dulu lho...!
Tapi... kacanya ilang sebelah. Kayanya jatoh di jalan. Kata Ojak, Ulie setres banged gara-gara itu.
Yu, deh... kaca mata kan masih bisa dipasangin kaca.. gitu aja. Nggak ribet dan simpel, kan?
Ulie... Ulie... ada-ada aja yang ngurangin lahan selasar kebahagiaan di hatinya. Memangnya dia bakal dihukum gantung gara-gara ngilangin sebelah kaca sebuah kaca mata? Paling dirajam pake ager-ager (heheheh)

Motor Brel
Setelah selesai ‘berkenalan’ dengan kawah putih, kami menuju pemandian Walini. Sebelumnya, kami singgah dulu di warung pinggir jalan. Sekadar mengisi perut yang lapar.
Oiya, saat di perjalanan menuju walini, Hani dan suaminya, terus Ojak dan Ulie duluan. Kulihat di spion, Brel dan Ria berenti. Aku berenti bentar. Lalu, aku berbalik arah dan menghampiri mereka. Aku khawatir terjadi apa-apa. Ternyata, ada bagian body motor Brel yang patah. Mungkin karena jalan mendari di Kawah Putih yang berlubang tadi. Akibatnya terdengar bunyi-bunyi yang agak mengganggu.
Setelah memeriksa kondisi motornya, Andi dan Ria pun melaju untuk menyusul yang lain. Aku mengikuti mereka dari belakang.

Walini
Setelah selesai makan di warung pinggir jalan, kami melanjutkan perjalanan menuju pemandian air panas Walini.
Wah, anak-anak terlihat agak kecewa melihat kondisi di Walini. Mungkin karena penuh sesak oleh orang-orang. Ya... namanya juga tempat wisata di hari Minggu. Kalau mau sepi, baiknya buka tempat wisata pribadi hehehe...
Tapi, aku nggak mau ikut-ikutan nunjukin ekspresi kecewa. Apalagi ekspresi yang berlebihan. Mending kusyukuri dan kunikmati aja apa yang ada di depan mata.
Toh, pada akhirnya kami main air seru-seruan kok, (BENER, KAN? JANGAN MUNA DEH... HEHEHE)
Seperti biasa... foto-foto... dasar kabeh jurig foto. Lela Satrasia 2002 kalah deh sekarang. Bahkan sama Ojak sekalipun, hehe... YOYOY... sekarang jadi banyak banget anak-anak yang narsis dan doyan difoto laksana foto model.
Alhamdulillah, seru.. walaupun kolamnya bau-bau aneh, dan banyak bintik-bintiknya.
Sementara aku, Brel, Ojak, Ria, dan A Agus mandi di kolam terbuka, Ulie dan Hani mandi di kamar VIP.
Setelah selesai bebersih... Oh, TIDAAAKK!! Ada yang lupa bawa CD ganti. Jadi we..... (TEBAK SENDIRI)
Abis itu, kami foto-foto bentar di depan kebun teh. Humm... jadi inget Sinumbra....

Tentang Stroberi
Aku tadinya mau beli stroberi. Buat keluarga aku dan buat pren aku yang ngerequest. Tapi kami nggak sempet singgah.
Malemnya, pas mau pulang, Hani nawarin untuk membeli di kenalannya. Sebenernya aku nggak enak. Secara udah malem. Anaknya juga lagi nangis. Tapi Hani maksa... dan aku juga jadi bingung. Ya... akhirnya Hani, suaminya, Ojak, dan Ulie pergi mencari stroberi. Uh... rasanya nggak enak banget lah pokonya mah. Tadinya aku pengen nolak dan beli aja di luar. Tapi nggak tahu kenapa, aku nggak punya kekuatan untuk itu dan nggak ada pendukung...(naon deuih..) Semuanya seperti biasa... terserah...
Dan ternyata stroberinya udah nggak ada. Wadoh.. makin nggak enak nih....mana setelah itu keluarga Hani ngasih oleh-oleh stroberi lagi...
Yaaa.. moga aja nggak ada yang jadi sinis dan nyalahin aku karena ini, hehhehehe...

The Lost Ighiew
Seperti yang udah diceritain di awal, pas perjalanan pulang aku misahin diri. Nggak tahu kenapa, aku ngerasa si Ulie sering senewen dan uring-uringan dari pagi. Ya, mungkin cuma perasaan aku aja. Tapi memang kayak gitu. Udah mah dulu waktu ke Lembang dia bilang aku jadi aneh, jadi takut sama aku... ya nambah-nambah deh...
Apalagi tiap aku duluan, selalu dia bilang, “KATANYA TOURING...”. Padahal jelas-jelas, sejauh apapun aku melaju duluan, aku selalu berenti untuk nungguin yang lain. Termasuk perhentian yang terakhir kalinya dengan rombongan.
Begini... aku kedinginan banget. Celana basah, baju lembap, nggak pake sarung tangan. Saat motor kulajukan perlahan, dinginnya Ciwidey nyelecep banget. Aku menggigil. Aku coba bereksprerimen, kunaikkan kecepatan. Anehnya, rasa dingin menggigilnya cukup berkurang berkurang. Dan aku berharap kalau kena angin dalam kecepatan itu, pakaianku bisa lebih terasa kering. Tapi aku inget teman-teman yang lain yang masih ada di belakang cukup jauh.
Kuhentikan laju motorku agar Ojak bisa mendahuluiku. Lagian keueung dan sunyi membuatku teringat pada film horor samodel 40 hari bangkitnya pocong dan TIREN di mana hantunya bisa nebeng naik motor. Ya, kayak di film Susana jaman dulu juga.
Kemudian, Ojak tiba. Dia menawariku stroberi yang diberi oleh keluarga Hani. Kuhentikan motor sebentar. Tiba-tiba Ulie nyeletuk sambil ngeluarin intonasi yang terdengar penuh kekesalan, apatis, dan sinikel. “KATANYA TOURING!!” Lagi? Ngomong itu lagi? Ih, dasar anak kecil. AKu tanya dia... “Maksud Lo...?” kuharap responnya biasa aja. Lagi-lagi dia bilang, “KATANYA TOURING?!” KATANYA TOURING!! Ya Allah... dasar cerewet. Dan wajahnya... ya ampyuun... jutek banget... dosa apa yang telah kuperbuat? Padahal, aku hanya melakukannya satu kali... (HAHAHAHA, DIALOG PETANG DI TAMAN PISAN). Karena udah jemu nanggepin dia. Kupasang gigi tiga, kularikan diri sekencang-kencangnya. Mendadak dingin meranggas. I’m lonely... tapi aku letih mendengar nyinyir. Kuputuskan melaju di kecepatan 80. Masa bodo dengan gelap.
Tapi... JREEENG... di kota Soreang aku dibungungkan oleh persimpangan. Aku memilih lurus... entah ke mana. Halah, senyasar-nyasarnya, masih di kabupaten Bandung ini. Aku yakin jalanku benar. Berkilo-kilo melaju, jalan makin sepi. Makin scary... dan akhirnya aku melihat sebuah toko besi. Kubaca alamatnya... Jln. Cipatik-Soreang. What? Seharusnya aku ada di Jln. Bandung-Soreang aatau di Katapang.
Aku terus melaju. Di belakang, ada beberapa motor yang melaju seakan mengikutiku. Kulihat di spion, aih, kupikir teman-teman aku. Ternyata, nggak tahu siapa. Mereka pada nggak pake helm pula. Jangan-jangan mereka rampok lagi. Kenapa mereka nggak berusaha mendahuluiku, malah ngekor. Ya sudah, kutancap gas, KABUUUR!! (PADAHAL MUNGKIN MEREKA JUGA LAGI JALAN-JALAN SANTAI DOANG. AKUNYA AJA YANG KETAKUTAN SENDIRI). Akhirnya aku sampai di tempat yang agak ramai. Kutanyakan pada seorang tukang cukur, ternyata benar, aku salah jalan. Jalan yang kutempuh adalah jalan menuju Cililin dan Batu Jajar. AKu disuruh belok di sebuah jalan kecil. Jalan itu menuju Katapang. Wufff... aku pun menyusuri jalan itu. Sunyi, sepi, banyak pohon bambu... hiiiiyyy....
Ku sms teman-temanku. Opik bilang di Cipatik banyak begal. Wuff... untung aku sudah lolos. Dan... CRIINGGGG,,, setelah sekitar 10 menit, sebuah jalan besar membentang di depan mata... HOREEE... !!! aku seperti Robinson Cursoe yang menemukan daratan. Hehhehe...Dasar, ternyata aku memang masih begitu kekanak-kanakan.. bener, Lie?

Yah, begitulah. Pokonya rame dan seru pisan. Dasar. Salah aku juga sih. TEMPE. Hehee...
Guys... Ojak, Breels, Ria, dan Ulie... thanks for a nice trip. Moga kisah perjalanan kita akan terus berlanjut, sobat!!!
Liew.. makacih strobelinya ya...

SEMANGAT!!!

Wajah Sinetron Indonesia Masa Kini


Pada doyan nonton sinetron? Bagi yang doyan, pasti nggak aneh liat hal-hal begini. Tapi bagi yang jarang nonton... ya, beginilah kira-kira. Silakan tambahin lagi bagi yang mau nambahin, coz gw juga ngga tawu banyak... ok, ok..

Alurnya dipanjang-panjangin, padahal udah harus tamat. Siasatnya, munculin tokoh antagonis baru setelah tokoh antagonis pertama mati, dipenjara, atau insyaf.

Ada tokoh yang awalnya protagonis jadi antagonis, terus jadi baik lagi

Berantem di meja makan pas lagi makan malem keluarga
Sering ada adegan terkejut. Tokohnya bilang, “APA?!” sambil kameranya dibolak -balik zoom in zoom out. Trus ganti-gantian sama tokoh lainnya.

Banyak peran jahat yang pura-pura baik. Pas meluk seseorang, muka jahatnya diliatin dari belakang. Matanya di belototin sambil tersenyum keji, kejam, dan munkar.

Tokoh utama wanita bisa gonta-ganti suami seenaknya.

Tokoh suami sering diceritain ngalamin kecelakaan, lalu disangka mati. Terus istrinya kawin lagi sama cowok lain. Beberapa tahun kemudian, suaminya yang disangka mati kembali lagi dalam keadaan miskin atau hilang ingatan.

Ada tokoh jahat wanita yang doyan menghasut. Ada tokoh baik yang tahu kejahatannya dan nggak bisa ngapa-ngapain selain nangis sambil berdoa (biasanya adegan yang diambil adalah saat selesai sholat).

Ada cewek yang nyamar jadi cowok kayak film She’s a Man.

Banyak banget cerita berpola anak orang kaya yang hilang diculik, ketuker di rumah sakit, atau sengaja dituker sama anak orang miskin. Pas udah gede kedua anak hasil pertukeran itu ada di sekolah yang sama, terus rebutan cowok ganteng. Terus si cowok pasti lebih milih cewek yang miskin karena yang kaya biasanya jahat dan nyebelin.

Ada nenek yang jadi saksi mata kejahatan tokoh antagonis dibikin struk karena jatuh atau didorong. Nenek itu jadi nggak bisa ngomong dan ngasih kesaksian. Kadang-kadang, nenek struk itu dikerjain sama si antagonis. Kadang disiram air, ditumpahin makanan, bahkan dibekap pake bantal.

Ada orang miskin yang ujug-ujug dapet warisan. Ternyata dia adalah anak orang kaya yang selama ini hilang. (Aneh banget, masih di kota yang sama kok susah banget ketemunya?)

Beberapa sinetron ada yang ngingetin gue sama Maria Mersedes, Maria Cinta yang Hilang, Marimar, dan sejumlah Mari-mari yang lainnya. (IH, KETAUAN DOYAN NONTON SINETRON DAN TELENOVELA!)

Kalo mau udahan, biasanya dimunculin muka tokoh dengan berbagai rupa ekspresi dalam durasi yang cukup lama banget. Sampe-sampe bikin kebelet pengen ngelempar TV. Trus di bawahnya muncul tulisan “bersambung...”

Kadang-kadang 2 tokoh yang harusnya 1 scene keliatan ada di 2 tempat yang berbeda. Menurut gue sih kedua tokoh itu nggak bner2 1 scene. Mungkin beda-beda jadwal (secara SELEB), Biar keliatan ada interaksi, dipasangin stunt man yang cuma diliatin bagian belakangnya aja. Itu juga cuma dikit. Kadang-kadang wig yang dipake stunt man nggak mirip sama rambut asli si tokoh.

Ada adegan cowok banjir air mata di tempat umum setelah ngeliat ceweknya pergi dengan cowok lain (TEMPAT UMUM WOOI)

Banyak KOIT... Kekerasan Oleh Ibu Tiri sehingga ada patokan kalo semua ibu tiri itu bengis dan doyan melotot sambil mencong-mencongin bibir, sambil bilang... "APAA?!! Ngoshh... ngoshh..." idungnya kembang kempis.

Kalo sedih pergi ke taman terus nangis sambil meluk pohon

Ada tokoh bu haji yang kaya, tapi pelit

Ada tokoh yang dikabarin mati, tiba-tiba muncul jadi orang gila





nah... kalian tambahin lagi deh.... coz gue jarang nonton sinetron, jadi cuma tau segitu... hehehe