06 December 2011

Fragments of Late Night

It was late, and too late.

I've walked away, leaving the last message about the complaints that I delivered to you in anger.

I kept thinking about the hundreds of days, which has been passed on with the frozen body of yours, with a chill, which is always given by you through the cold stares.

At times like that, I feel like exiles in both poles of the earth at the same time.

And yesterday, the fire overflowed from my chest. As the eruption of Merapi. Meanwhile, there you become officers seismograph, which monitors and records earthquake vibrations of words.

Perhaps the stars are tired of the rigidity of the earth, the sun also can not wait to burn. I can not accept cold words, that you throw over and over, in every second.

After that, you re-create the aura of mystery. There was a glow of auroras, which remove the wound on my face. There is an abstract of phosphorescent light, which slowly united with my blood, quietly.

I was silent and thoughtful. I started looking for a difference of black and white, devils and angels. Meanwhile, you always choose to be in the gray area.

Where are you? At the end of the dream?

Now, there are only tired in my head, which is filled by rain sketch paper.

It was late at night,
and I don't want to fall asleep without an answer, which reinforced the existence of a black sky.

Tentang Judul Berita

Kadang keganggu sama judul berita di media-media.
Okelah, mungkin biar 'eye catching' bagi pembaca. Tapi, kadang tampak seperti upaya untuk mencuatkan sesuatu, memprovokasi, dan ujung-ujungnya, kalau salah baca dan salah tafsir, bisa jadi fitnah yang 'sesuatu' banget. Alhamdulillah yaah.... (apasih).
Yup, ujung-ujungnya kembali ke kecurigaan menahun gw terhadap pemberitaan yang bersifat menguntungkan pihak tertentu. Jadi, bukan lagi jadi sumber informasi yang independen bagi pembaca.
Hmmm... adakah media yang benar-benar independen dan tak menomorsatukan kepentingan pihak-pihak tertentu, tapi menomorsatukan keterbukaan informasi yang netral dan bermanfaat bagi pembacanya....?
Semoga.
Kalaupun tak ada, yuk kita jadi pembaca yang cerdas dalam menyikapi pemberitaan.
Gak mudah terpengaruh, gak mudah terprovokasi, dan memiliki filter yang oke.
hehe....

30 November 2011

Worrying About The Past

rain fell slowly,
but shady and thinly
scatter the scent of dust and grass
they were burned by the sun

past came rushing
creates anxiety
brings an intense anxiety, like a black cloud
and the moments gone

the rain had stopped
fine grain of water from the skies have been broken by the wind blown

indeed,
past will never return,
and I do not have to worry about it

Selasar Al-Furqan, October 26 2008

Moments That I Wanted

I just want those moments ...
during the afternoon, when the wind is blowing your body, waiting for me at the end of the door
when the weather catch your body gesture, which merrily in front of me
when the night was almost shut our rendezvous, full of laughter

I just want those moments ...
every day,
replace the tired souls, who see you sad
exchange any hatred, which you gave and made ​​me suspicious

I just want those moments ...
when happiness remove anxiety, remove fears
and buried the suspicion

I just want those moments ...
that might never come every you say 'maybe someday'

We Must Forget Each Other

calculates the story
this is the best time to split up

close your eyes
express all the feelings

not every wish can come true
but we must be assured of getting the best

let the sun go down
do not worry about the past
let the night held me

see the stars in the expanse of darkness
create a feeling of tranquility
pain do not exist, create peace

slowly, feel the cold winds blow
we must forget each other

29 November 2011

Oktrius

--I--
there is a stopover on my eyelid
every day, after dew visiting
before the light through the cracks of trees

someone had wiped the tears from my eyes
after drought over
in dry fields

Is that you?

then
I sank into an unreal story
created from the deepest depths of my desire
overflowing with blue waves
fell in rain droplets

I crouched in the sense of comfort for centuries
I enjoy the feeling of happiness that you send me one by one
through gaps in the soil
in lush notes of the day

I'm happy, but this is only a dream

now I'm blind and unable to capture more light
: fluorescent light from your sun face


--II--
there is something out because of time
there are words that stabbed by silence
also the sun that turned into a blue

poems damaged by a sharp knife
into small pieces on top of mind

and this time
the clouds forming your face line
night brooding souls that sunk
on the sloping dream hill
shadow created as a ghost



--III--
someone secretly await
disposed in the gap space
in the burned forests

and in the limit of the sad


2009-2010

26 November 2011

Perhaps

Perhaps the time will arrive soon. When you do not like the first, as phosphorescent stars in my black sky.

I'll leave every inch of your heart that never revealed in one definition. Our hearts are secretly buried in a rate that beats seconds. Our hearts are stuck by the rules. By the shallow minds of the people. In fact, our hearts may be scared when we challenged the sun.

Perhaps the time will arrive soon. When your body has always longed clearly in my sight. When no longer wish and prayer to be able to embrace you. When I looked at the pictures in the shale memories that will stick forever.

Perhaps the time will arrive soon. When we laugh together without suspicion and questions. The happiness that we've been through it will trickle in as pure as the morning dew. Without desire, without any ambition to have, without pretension, and without the willingness to hurt each other.

Perhaps the time will arrive soon. When no pulse beat of the melody. The euphoria that comes every time I looked at the sharpness of your eyes. When we silently looked at each other and trace every curve of the history of our past in various ways. When I found you in the various palaces which often save you as the owner.

Perhaps the time will arrive soon. When will I stop waiting for a reply. When I stopped hoping for embroidering the sun with you. When our hearts have turned to another pier.

Hopefully the time will arrive soon. When the morning brought us together. When twilight divide us. When I caught your eyes twinkle like a simple light. When hope is no longer rebellious and bobbing.

And then, I'll stop hoarding longing.

18 November 2011

The Rain Has Gone

I heard muffled chatter tonight
about life that written in the wrinkles of a mother
survived voice rises on the horizon warm conversation
want to make sure that it is you
which always came with the glow of excitement
although it fell below the twisted rain

I want to go to your cold world
embrace you with warmth universe
buds grow in your stubborness
lit a candle in your frozen heart

I want to keep the story on your lips

I awoke from a dream
your voice become real
however, in all the emptyness, you were not there
you've gone
and
the rain has gone

Making Out with The Wind

singin in the rain falling pieces
wind tease
he touches the skin so it appeared all over his desire to taste

aren't you planting the roots of jealousy?
entrenched as a parasite
grow toward the sky filled with longing revenge

wind makes me shiver
fracturing flowers dance in the park
and remove the hatred restless under the drops of blood

would you still survive?
behold, I will be making out with the wind
flooding along the hallucinatory dreams about the season
burn yourself in the turbulence of conscience

admit when you're reaping the jealous
then return to me
because the wind was unable to quench thirst in the desert of love

27 October 2011

Jika Tidur

jika tidur dapat menghapus ingatanku tentang riang di wajahmu,
aku memilih untuk terjaga selamanya

17 September 2011

Dunia dan Kaca Mata



(sumber gambar: http://mychinaconnection.com/wp-content/uploads/2010/12/rose-colored-glasses.jpg)

Adakah di antara kita yang tahu isi setiap sudut jagat raya yang membentang luas, jauh melebihi batas kemampuan nalar?
Sempat merasa jengah dan terganggu dengan pengungkapan seorang kawan saat kami sedang mendiskusikan hal yang mungkin sepele bagi dia dan orang lain, tapi tidak bagiku.
Terkadang kita menganggap kaca mata kita, yang sehari-hari kita gunakan untuk bernalar dan berupaya memahami sesuatu, sebagai satu-satunya sudut pandang yang mutlak harus menjadi standar bagi orang lain, khususnya orang-orang di sekitar kita.
COntohnya, saat di suatu kota akan dilaksanakan konser musik penyanyi A. Jika kita adalah salah satu penggemar berat penyanyi A, akan tumbuh asumsi bahwa konser tersebut akan sukses. Tentu saja asumsi tersebut didasari oleh pemikiran sedarhana kita tentang penyanyi A. Kita menganggap bahwa kesukaan kita akan menjadi kesukaan publik tanpa mempertimbangkan warna-warni dan cita rasa orang lain dalam menanggapi penyanyi A.
Begitu juga sebaliknya. Saat ada konser penyanyi B yang tidak kita sukai,kita akan mengambil simpulan bahwa konser penyanyi B tidak akan sukses lantaran kurang peminat. Hal tersebut muncul karena ketidaksukaan kita terhadap penyanyi B yang diwarnai oleh 'ego' kita sebagai 'ego'.
Biasanya, saat memegang teguh pemikiran semacam ini, lebar dunia seakan menyempit menjadi selebar diameter kaca mata yang kita pakai. Pemikiran dan rasa suka kita seolah mewakili seluruh umat yang ada di muka bumi. Padahal, pada kenyataannya, di luar sana, bahkan di luar pagar halaman rumah kita, ada banyak rasa, kesukaan, keinginan, pola pikir, cara bernalar, dan aneka warna hidup yang bisa jadi belum pernah kita kenali.

Padahal, saat dikembalikan pada setiap individu, jelas, masing-masing memiliki keunikan tersendiri dalam berpendangan. Alangkah angkuh dan sombongya kita jika menyamaratakan pemikiran orang lain dengan pemikiran kita, apalagi memaksa mereka untuk mengikuti pikiran pribadi kita.

Dunia ini begitu luas, tentu dengan penghuni yang begitu kaya rupa dan warna. Apakah kita mengenali mereka semua? Hanya manusia arogan dan takabur yang bisa mengatakan 'ya' sembari menyimpulkan bahwa pola pikir mereka sejalan dengan kita.

Kupikir, tak perlulah kita gelisah dengan warna-warni pola pikir umat sedunia, termasuk orang-orang yang ada di sekitar kita. Masing-masing memiliki hak yang sama untuk memelihara pemikirannya dan mengungkapkannya tanpa indikasi mengintimidasi dan memengaruhi pihak lain di luar dirinya.

Tak ada salahnya melihat dunia dalam cakupan yang lebih luas, belajar memahami, mengakui, dan menghayati konsep lain yang berada di luar kita, lalu mengakui bahwa di dunia ini ada begitu banyak hal yang belum kita ketahui.

Yakinlah bahwa dunia tak hanya sepanjang diameter kaca mata kita, dan jangan pernah sekalipun menyamaratakan pola pikir orang lain dengan pola pikir kita. Masih begitu banyak hal yang berada di luar jangkauan pengamatan kita.

02 August 2011

Jurnal Ramadhan 1432 H

Minggu - Senin, 1 Ramadhan

Alhamdulillah, ketemu lagi dengan bulan Ramadhan tahun ini.
Tarawih pertama, seneng banget bisa dilaksanain di Bandung, di masjid At-ta'awun yang jadi tempat tarawih gw waktu kecil.
Lanjut sahur di rumah, lengkap sekeluarga, dan jam 4 pagi gw harus meluncur ke Jakarta karena hari pertama shaum ini bertepatan dengan hari Senin.
Seorenya, buat ta'jil gw bikin es buah dan manasin brokoli goreng bikinan Mama yang gw bawa dari Bandung. Brokolinya gw sajiin panas-panas bersama saus bangkok yang seger banget. Kalo sop buahnya?

Ini dia resep sop buah 1 Ramadhan ala cheff Igiw.
- satu buah apel merah
- tiga perempat buah pear ukuran besar
- enam butir anggur merah
- satu kaleng sprite
- satu sachet susu kental manis
- air dingin secukupnya (buat ngebanyak-banyakin kuahnya)
- setengah bungkus puding stroberi cup
- 5 butir es batu

Cara membuat:
- semua buah-buahan dipotong-potong, terus dimasukkan ke dalam satu wadah.
- potong juga puding stroberi, lalu masukkan ke dalam wadah berisi buah.
- masukkan sekaleng sprite dan air dingin (sedikit aja).
- masukkan 1 sachet susu kental manis.
- aduk-aduk, masukkan ke dalam kulkas.
- menjelang berbuka puasa, keluarkan dari dalam kulkas, lalu beri es batu, dan sajikan selagi dingin... :D

ini kira-kira konfigurasi sop buah bikinan gw. Karena gak sempet ngambil fotonya, kepaksa gw googling deh... hehehehe...


(sumber gambar: dekuliner.blogspot.com)

Nah, hari pertama puasa ini gw ta'jil bareng Vian dan Puteri Surinegara yang kebetulan lagi nunggu jam kuliah.
Abis ta'jil, gw solat magrib dan lanjut tarawih di masjid Baitul Hasib BPK RI, di kantor gw yang cukup 'selangkah' dari kosan.
Di masjid, ada Vian, Ficky, Dawi, Agus, Haris, Edo, Angga, dan banyak banget jamaah.
Abis tarawih, gw lanjut makan malem di Sate H. Sadjim bareng Vian, Ficky, Agus, dan Dawi.


Selasa, 2 Ramadhan

Kali ini, gw bangun duluan. Kebangun gara-gara jeritan tokoh Lilo di saluran Disney yang dari malem nggan gw matiin. Sebenernya lucu juga tidur semalem itu, rasanya dialog semua tokoh, semua tayangan tivi, pada masuk ke mimpi gw. Sampe-sampe gw mimpi penjahat-penjahatan. Mau tau mimpinya?

Ini yang gw ingat:
Alkisah (halah) gw lagi belajar naik mobil, diajarin sama Vian. Terus, akhirnya gw bisa sendiri dan ngajak keluarga gw jalan-jalan ke Cipedes (?????).

Lalu, tiba-tiba gw berada di suatu pertokoan yang besar dan megah. Settingannya mirip Pasific Place dan sedikit kayak GI lha. Nah, di sana itu lagi ada huru-hara yang ngelibatin seorang buronan (gw gak tau siapa). Buronan itu doyan nyulikin orang dan ngiket pake tali. Gw juga bingng kenapa gw ada di situ dengan beberapa temen-temen di kantor dan adik gw.

Tiba-tiba, gw ditugasin untuk nyari penjahat itu ke lantai 10. Tiba-tiba muncul Pak Mulyana (temen seruangan gw), dia berniat nemenin gw ke lantai sepuluh. Nah, pas menjelang lantai sepuluh, tiba-tiba Pak Mulyana ngaku, dirinyalah sebenarnya penjahat yang selama ini dicari. Gw kaget dan berencana ngeringkus dia. Tapi sayang, gw keburu diiket pake tali. Pas gue diseret turun di lantai 10, gw pencet tombol penutup pintunya. Eh, Pak Mul mencet lagi dari luar, terus pintu kebuka lagi. Terus, dia iseng mencet tombol lantai 20. Jahh, gw kekirim deh ke lantai 20.
Terus, karena takut Pak Mulyana muncul lagi, gw lompat-lompat (karena terikat) nyari lift belakang.



Di depan lift, gw deg degan banget, takut kalo lift itu isinya Pak Mulyana. Ternyata isinya rame banget. Ada orang-orang abis ngantor dan Rani, adek gw. Dia ngebantu gw ngelepasin tali dan neleponin orang-orang di bawah, plus ngabarin polisi. Sesampainya di lantai dasar, gw disambut orang-orang laksana superhero. Sang penjahat pun diringkus dan dimasukkan ke dalam tempat rehabilitasi. Nah, pas gw nengokin itu penjahat, eh dia berubah jadi Kang Aminudin (temen gw di penerbitan Bandung), dan dia ngejar-ngejar gw. Gw lari, kebangun deh.... Hahaha

Bangun tidur, ternyata masih jam 3, padahal alarm diset jam 3.40. Gw langsung minum air putih dan nonton film kartun. Jam 3.30, gw bangunin Vian sekalian ngetokin kamar Angga dan Septian.
Gw dan Vian langsung berangkat jalan kaki dan makan sahur di warteg deket Finlogistik.
Habis sahur dan salat subuh, gw ketiduran, dan bangun jam 7.00.
Lanjut, ngantor dah. Alhamdulillah nggak telat memindai sidik jari.
Siangnya,pas jam istirahat, bada salat lohor gw nemenin Vian ke Plasa Senayan. Vian mau beli sesuatu. Kalo gw, cuma beli tiket nonton Harry Potter 7.2 buat ntar malem ditonton seusai tarawih. Syukurlah bookingan tiketnya masih kosong. Jadi, gw bebas milih tempat yang mana aja. Gw dapet film yang main jam 20:45 di studio 7. Gw milih Row B dan C, row favorit gw.



SOrenya, sepulang kerja, Ficky sama Edo datang ke kosan. Kami berencana buka puasa bersama di masjid Baitul Hasib, kantor BPK.
Kami pun jadi buka puasa bersama di sana. Setelah itu, gw, Angga, Agus, Dawi, dan Vian salat tarawih di gang masjid V (lupa nama masjidnya).
Nah, sekitar jam 8 malem lewat, gw, Angga, Edo, Dawi, dan Agus berangkat ke Plasa Senayan buat nonton Harry Potter.
Finally, jadi deh nonton Harry Potter chapter terakhir itu. Kali ini, gw nonton bareng Edo, Erna, Fitri, Ka DOna, Angga, Rivan, Desi Faradina, Fajar Ashari, Dawi, dan Agus.
Kami duduknya nggak sederet semua. Di row B sayap kiri ada Dawi, Agus, Angga, dan Edo. Di row B sayap kanan ada Kak Dona, Fitri, Desi, dan Erna. Kalo gw duduk di row C sayap kiri dengan Fajar dan Rivan.

Sebenernya gw agak kecewa juga nonton ending Harry Potter yang dari Desember tahun 2001 gw pantengin film dan beberapa novelnya itu. Gak tahu kenapa, keknya kurang seru-seru gereget gimana gitu. Terus ada beberapa expektasi yang gak terpenuhi. Misalnya, kematian Bellatrix Lestrange yang dulu ngebunuh Sirius Black. Gw berharap banget dia dibunuh sama Neville Longbottom. Soale orang tua Neville kan dibunuhnya sama Bellatrix. Kan seru kalo ada unsur balas dendam gituh. Hahahaha... Dan ada lha beberapa harapan-harapan lain yang nggak terpenuhi. But anyway, tetep lha gw ngefans sama deretan serial Harry Potter ini.

Sekitar jam 11 malem, filmnya kelar, kami langsung pulang.
Sesampainya di kosan, setelah solat witir, langsung tidur deh...

Rabu, 3 Ramadhan

Kali ini Vian yang bangunin gw sahur. Kami makan sahur di warteg Indah Jaya 2.
Terus, seorenya lanjut buka puasa di Indah Jaya lagi bareng Angga, Edo, Vian, dan Frans.
Malemnya, sekitar jam 10 ngemil roti canai dan martabak di Seulawah Benhil bareng Erna, Fitri, Via, Edo, dan Angga.



Kamis, 4 Ramadhan


Lagi. Sahur di Indah Jaya. Hmmh... keknya temen gw ketagihan makan di situ. Baiklah. Lagian pagi buta gitu apa ajalah yang ada. Yang penting makan. Hehehe.
Jam 10 Gw berangkat ke Bandung, tepatnya ke kampus UPI untuk nuntasin sesuatu.
Jam 16.15 gw kembali lagi ke Jakarta.
Jam 19.00 gw sampai di Pasar Festival Kuningan. Gw nyempetin dulu buka puasa di McD dengan menu chesse burger, kentang goreng, dan lemon tea.
ABis itu gw lanjut ke masjid Sunda Kelapa yang ada di daerah Menteng. Dari sebrangnya Pasar Festival, gw berangkat pake ojek. Satu hal yang bikin gw terenyuh, pengemudi ojeknya Bapak-bapak sekitar 55 tahunan gitu lha. Kadang sedih juga, kok di usia segitu masih mau angin-anginan malem-malem ngojek dengan motor dengan kondisi yang alakadarnya karena jarang diservis. Tapi, di sisi lain gw salut dan ngacungin jempol buat semangat beliau. Hmm.. pas dibonceng, rasanya kok kayak dibonceng sama almarhum Papa. Wew, sisi melankolis gw keluar deh.

Sebenernya capek juga sih dari Bandung lanjut pergi ke Sunda Kelapa. Tapi gw udah janjian sama Angga, Vian, Fitri, Erna, dan Desi untuk salat tarawih bareng di sana.
Selesai tarawih, gw nyempetin untuk nyruput es kelapa muda di depan masjid Sunda Kelapa. Abis itu, pulang deh....


Jumat, 5 Ramadhan

Like usual in this Ramadhan... sahur di Indah Jaya III lagi. Hari ini gw gak masuk kerja, tapi tetep ngerjain kerjaan kantor di kosan. Jumatan juga tetep di kantor. Kekekekkk...
Malemnya, terlintas keinginan buat karoke seusai tarawih dengan temen-temen. Tapi nggak jadi.
Terus, sekitar jam 10 malem, datanglah Andi Sucito dari Manado dan Josep Joarta dari Kupang. Kami ngobrol-ngobrol. Abis itu, gw ikut sama Andi Sucito nginep di Hotel Ibis, hehe... lumayan lha sahur gratis di hotel. Wew.

Sabtu, 6 Ramadhan
Kali ini, gw sahur di hotel Ibis bareng Andi Sucito.
Setelah sahur dan solat subuh, lanjut tidur lagi deh sampe siang. Maklum, week end. Kekekekkk..
Setelah itu, gw langsung ngurusin pembelian tiket film Transformers 3 bareng Edo. Rencananya gw dan sederet temen-temen lain mau nonton juga.
Seperti biasa, ribet nyatetin jadwal pemutaran film sekalian nginvite orang-orang.
Gw nginvite Vian, Sucito, Agus, Angga, Dawi, Fajar, Erna, dan Rivan. Vian, Agus, Sucito, Angga, dan Dawi udah OK. Trus, Rivan gak bisa. Nah, tinggal Fajar sama Erna yang lama banget ngeresponnya. Setelah mondar-mandir dan nyaris dapet tiket, barulah Fajar bilang kalo dia lagi di Bandung. Sementara, Erna.. heuh... hapenya gak aktif pula.
Awalnya, gw mau ngincer tiket di Plasa Senayan. Tapi, GUSTIII... antreannya itu lho. Puanjaaaang banget. Gak kuku lha. Finally, gw sama Edo nyoba ikhtiar ke Senayan City. Alhamdulillah, di sana antreannya gak terlalu haram jadah. Sayangnya, tiket yang jam 15.00 udah ludes. Selain itu, yang jam 21:00 juga nggak ada seat yang maknyoss lagi. Akhirnya gw berinisiatif milih midnight show sekitar jam 00:00. Gw ajuin tawaran ke temen-temen, alhamdulillah pada OK, kecuali Dawi, Agus, dan Sucito. Erna pun OK, dan kali ini dia nginvite Bangdes yang juga OK.
Deal. Gw beli tiket buat 6 orang di row E yang cukup maknyus buat nonton tayangan 3D.
Setelah dapet tiket, gw lanjut jalan-jalan sama Edo ke Senayan Trade Centre. Gw pikir isinya melulu tentang gajet. Ternyata, lumayan seru dan menarik perhatian gw karena banyak yang jual miniatur mobil seperti Tomica dan Tamiya. Betah lha gw di sana sampe jam 5 sore. Sayangnya, gw masih belum nemuin miniatur mobil Suzuki Jimny '86. Hiks.... susah banget deh, udah nyari di mana-mana.

Setelah itu, gw langsung pulang ke kosan, buat sholat Ashar dan tiduran bentar, soalnya lumayan ngantuk dan capek setelah seharian nguber tiket dan jalan di STC.
Malemnya, sekitar jam 21.30, barulah kami berangkat. Kami ngumpul di BNI Gatsu.
Oiya, ternyata Agus dan Dawi jadi juga ikut nonton. Mereka beli tiketnya sendiri.
Kami berenam (Gw, Angga, Edo, Vian, Erna, dan Bangdes) nongkrong dulu (halah nongkrong) di seven eleven senayan. Gw laper banget coz belom makan pas buka puasa.
Selesai makan, barulah lanjut nonton sampe jam 2.30 dini hari....

Minggu, 7 Ramadhan
Selesai nonton, gw lanjut ngopi jahe di warung burjo. Setelah itu, sahur deh di Indah Jaya (again).
Setelah salat subuh, lanjut ZZZZZZZZ tidur sampe siang. Sayangnya, hasrat gw untuk hibernasi terganggu oleh suara gebrak gebruk penghancuran gedung auditorium kantor. KERRRRR....
Baiklah, finally gw beresin cucian, berangkat ke londri, lanjut nyuci motor deh.
Abis itu, sorenya gw ditemenin sama Vian ke Carefour, Central Park, sekalian buka puasa di sana.
Malemnya, gw ngerokin Vian dan Edo sambil kumpul2 dengan Agus yang mau balikin helm. Abis itu, setelah Agus dan Edo pulang, datanglah Arifnuno yang selama ini ngilang ke Medan.
Sambil nonton National Geographic, gw ketiduran deh. Sementara, Arif dan Angga pada asik main Nintendo WII.

Senin, 8 Ramadhan
Kali ini, sahur di Indah Jaya III (tetep) bareng Ariefnuno yang konon gak ada temen sahur lagi di kosan lama kami. Ish ish ish... ooo, jadi getooo yaa? Sekarang udah nggak ada kebiasaan saling mbangunin lagi kayak tahun lalu... Hmmm... syukur deh, gw udah pindah ini dari sono. Hahahaha.
Setelah sahur, ya apa lagi, solat subuh, lanjut tidur (hadooh, kapan ngajinya?) Kerr.
Lalu, ngantor seperti biasa dan kejar-kejaran dengan deadline di kantor dan deadline proyek nulis buku bareng Angga.
Sorenya buka puasa di kosan dulu, tajil pake bakpao spesial bikinan sendiri. Abis itu, lanjut makan di Lamongan deh sama Vian.
Malemnya, setelah Vian tarawih, gw sama Vian berangkat ke Semanggi. Edo juga ikut. Tadinya mau beli bantal, tapi tokonya keburu ditutup. Padahal, mbak-mbaknya masih ada dan udah gw ketokin dari jendela. Tapi, tetep dia nggak mau melayani. Yasudahlah. Kami lanjut ke Giant. Gw beli kabel merah kuning putih buat speaker.
Abis itu, lanjut karoke di Inul Vista. Ngabisin voucher buavita, hehehe...
Pulang, tidur.

Selasa, 9 Ramadhan
Malemnya makan di PH bareng Arif, Vian, Puteri, dan Sri. Tetep masih gak selera makan.

Rabu, 10 Ramadhan

Nguantuuuk terus. Ketiduran di kantor.
Malemnya, beli bantal di Semanggi bareng Vian.

Kamis, 11 Ramadhan
Sahur ya di Indah jaya lagi, bertiga bareng Arif dan Vian.
Berusaha ngebut ngerjain buku bisnis keempat.
Buka puasa di Riung Tenda bareng temen2 DIklat 2009 (plus Vian).
Abis itu ke GI. Awalnya gak jelas mo ngapain, tapi alhamdulillah inget beli kado buat Dhira.

Jumat, 12 Ramadhan
Lumayan buk sibuk di kantor, walau sempet nyuri2 waktu buat nulis buku dan tidur tentu. Sorenya tugas jadi notulis di acara Editor's Forum. Pertemuan pimpinan kantor dengan redaktur-redaktur media massa. Sekalian buka puasa di sana.
Malemnya, laper. Makan mie goreng deh di burjo langganan. Kali ini, seorang diri. Halah.

Sabtu, 13 Ramadhan
Sahur di kosan. Beli nasi dan ayam di wrteg deket finLog.
Tidur sampe jam 10, lanjut ngerjain buku yang terkontaminasi oleh kerjaan gak penting lainnya.
Erna dateng numpang ngirim email. Buset. Gak punya modem kali ya?
Tajil, lupa nyiapin makanan. Syukur masih ada nata de coco. Srupuuut.
ABis itu makan di Sushi Groove Taman ANggrek dengan Adjied, sekalian beli Chewy Junior yang maniss dan enakkk.
Baru aja rebahan, Ngerna nge-BM ngajak ke burjo. Nongkrong deh di burjo bareng Angga, Fajar, dan Ngerna.
Abis itu, begadang.... hiks...

Minggu, 14 Ramadhan
Sahur di warteg lapangan merah, hmmh... maaf bukannya kurang bersyukur, tapi bener2 gak bikin selera makan tumbuh...
Sorenya, setelah nyari makanan buka, ngobrol-ngobrol sama Ngerna dan Mamanya May di warung nasinya.
Lanjut buka bareng Arifnonu, ta'jil di kosan, abis magrib makan di Seualawah.
Btw, masih berkutat dengan deadline buku.

Senin, 15 Ramadhan

Selasa, 16 Ramadhan

Rabu, 17 Ramadhan
Upacara 17-an....
Hmmh... dasar orang2 jaman sekarang... disuruh upacara aja susahnya minta ampun.
Kek gw dong... upacara, walaupun sambil anteng BBM-an sama Rivan dan temen-tmen lain di beberapa grup. LoL
Sorenya ke MTA, beli sesuatu bareng Vian. Terus ketemuan sama AGus Supantiaji. ABis itu kami buka puasa di Noodles Cafe bareng Ngerna, Bangdes, dan Indah.
Nggak lupa, beli Chewy Junior :P sluurpp


Kamis, 18 Ramadhan

Like usssssual, super duper ussual, sahur di Indah Jaya bareng Arifnonu dan Vian.
Di kantor, kerja dong. Haha.
Sorenya, pas udah pulang dan rebahan di kasur, ada bos nelepon, minta tolong nuntasin sesuatu dan harus balik ke kantor. Beruntung, kantor dan kosan cuma berjarak selangkah. Haha.
Abis itu, kerjaan tuntas, balik deh.
Lanjut buka puasa bareng Vian di Bangkok 69, makanan Thailand. Lumayan enak masakannya, kecuali nasinya yang keras, gak pulen sama sekali.

Jumat, 19 Ramadhan
Hari lahir Papa.
Pagi-pagi harus nuntasin kerjaan kemaren. Gw disuruh ke kantor Kemenkeu.
Gw ditemenin sama Rivan pake mobil yang dikemudikan oleh Mas Tarso.
Siang dan sorenya gw fokus ngerjain buku yang progessnya lambat laun banget ini.
Malemnya ada keos dan turbulensi di kepala gw. Gak jelas. Nyampur aduk. Kerjaan, kehidupan, dan laen sebagainya berasa acak-acakan di kepala.
Jelas, orang-orang di sekitar gw bakal ngeliat gejala-gejala aneh. Syukurlah, gw dikelilingi temen-temen yang mau ikhlas dan berlapang dada nerima keanehan gw saat sedang mengalami turbulensi dan keos eksternal.

Trims teman, khususnya Vian, Arifnonu, dan Ngerna yang nanggepin keos internal batin gw dengan cara yang bijak dan tepat. Hahahaha. Apa seehhhh....

Sabtu, 20 Ramadhan
Pulang ke Bandung. Ngademin kepala yang ngeblank gag jelas.
Malemnya buka puasa sama Mama, Rani, dan Mardian di BIP sekalian beli baju lebaran. Ahiiyyyy.. wkwkwkwkkwkkk

Minggu, 21 Ramadhan
Kembali ke Jakarta, ke kosan tercinte. Wew.
Sorenya, Vian ngajak ke Ambas. Kami pergi sama Ngerna.
Heu, pake acara ngambek-ngambekan tuh si Ngerna. Gag tau apa yang terjadi antara Vian dan Ngerna. Untuk gw lagi waras, jadi gag ikut-ikutan. Hahaha.
Kami makan buka puasa di Ambas, dengan menu yang secara jujur diakui kurang menggugah selera.
Abis itu nemenin Vian beli hape, lanjut beli susu Cimory di Carrefour.



05 July 2011

Terserah

terserah apa yang akan kau simpulkan....
kini mata dan hati telah mengarah pada keindahanmu

terserah apa yang akan kau katakan....
kini tiap penggal waktu selalu ingin kulalui denganmu

terserah bagaimana penerimaanmu...
tapi, kini aku hanya ingin tahu tentang rasa yang bermukim di hatimu

25 June 2011

Tentang Waktu Denganmu

Ada sesuatu yang cukup menggelitik akhir-akhir ini, tentang waktu denganmu.
Waktu yang selalu terasa cepat usai, waktu yang mungkin tak bisa kudapatkan sebanyak inginku.
Entah apa yang telah menggiringku menuju titik ini. Tempat berhias rona euforia dan sekilas cemas dengan cuaca yang selalu terbitkan pendar wajah pagimu.
Aku menyukai tempat itu.Dan ingin selalu berlama-lama berada di dalamnya.

Tapi ini tentang waktu. Tentang pertemuan dan perpisahan yang hadirkan begitu banyak nuansa rasa.
Waktu denganmu tak bisa kumiliki seutuhnya. Tak bisa kugenggam agar selamanya melekat di jantungku, bersama detik-detik yang terus bergulir.
Tak ada kata "selamanya".

Di salah satu sisi, aku terdiam. Menunggu pagi datang rekahkan senyum dan membawa kabar tentang janji akan sebuah pertemuan. Bebunga merekah. Bertemu kamu adalah anugerah.
Lalu, diam-diam aku membedah setiap detail pertemuan kita dengan seluruh indera yang melengkapi raga. Sekadar menghayati makna adamu dan menghirup sedalam mungkin bahagia yang tercipta karenanya. Satu hal, aku hanya memendam gelisah jika waktu akan segera usai, dan tak ada yang tahu bagaimana kesempatan untuk bertemu denganmu bisa kembali tercipta.
Saat perjumpaan usai, aku berusaha mengukur jarak perpisahan dengan perjumpaan berikutnya. Di situlah tumbuh gelisah cemas dan kelucak harap.

tentang waktu denganmu,
setiap detiknya kini jadi tetes embun di jejalan gersang yang kerap diembusi angin kerinduan

25 May 2011

Jatuh di Bulan Mei

19 Mei 2011

11:15
Gak tau ngidam apaan, gw iseng foto-foto muka ganteng sendiri di kamar, di-upload via whatsApp, dikirim ke group #sapunyerepegatsimpai, wulan, marliana, dan ficky. Tentunya dengan reaksi yang berbeda-beda. Ada Vian yang tersepona, Ariefnuno yang tersipu-sipu, Putri yang mencaci-maki, Sri yang sura seuri, dan bergbagai ekspresi lain yang sulit diejawantahkan dengan bahasa manusia.
Lalu, setelah puas dikutuk dan dihujat warga #sapunyerepegatsimpai, gw memikirkan rencana ke Bandung sore nanti. Hadeuh, ngemeng-ngemeng soal Bandung, harusnya dari kapan taun gw udah bercengkerama bersama Mama dan adik-adik kocak di sana. Heuh, bayangkan (*muncul awan-awan), pas orang laen pada enjoying cuti bersama, gw malah gawein 2 buku sekali jalan. Yaa.. tapi enjoy sih. Namanya juga hobi. Paling, buat ngilangin kapusing, gw pergi berenang dan lari pagi ke senayan bareng Vian dan Ngerna, termasuk jerat-jerit di tempat karoke bareng Ariefnuno, Fajar Ashari, dan Vian (heuh, keknya udah kebanyakan nyebut 'Vian' deh).
Yah, beginilah nasib cuti tanpa rencana. Ujung-ujungnya diem di kosan yang berjarak "satu langkah" dari kantor, sampe-sampe suara halo-halo parkiran jadi alarm tiap pagi.

11:30
Langit lumayan cerah. Cuaca rada hot-hot jebleh gimana gitu. PLITING! (terjemahan suara message alert di BB gw). Wow, udah ada woro-woro via Blackberry Messenger dan whatsApp nih dari Ariefnuno dkk. yang ngajak makan di kantin kantor. Tapi, masa sih lagi cuti begini nongol di kantin kantor dengan celana pendek dan kaos bertuliskan "Green Jomblo"? Ntar disangka anak pegawai yang kabur dari tempat penitipan anak lagi. Kerr. Intinya, gw setengah hati mau makan bareng anak-anak di kantin.

12:00
Masih dalam rangka woro-woro makan siang. Sebagai win-win solution, gw ngusulin makan di warteg kandang monyet, dengan alasan murah dan enak. Lagian gw pengen banget tuh makan semur rolade yang manis dan lembut. He?

12:15
Dapet message dari Ariefnuno: makan siang jadinya di warteg gado-gado yang nggak jauh dari warteg kandang monyet, bareng Vian.

12:20
Gw tertarik buat ikutan makan bareng. Gw buru-buru beres-beres laundry-an sebanyak dua kantong plastik besar, tadinya sih biar gw bisa balik ke Bandung tanpa beban cucian yang ditinggal di kamar.
Nggak lupa nitip pesenin gado-gado dan es jeruk, biar abis dari laundry bisa langsung makan di warteg TKP.

12:30
manasin Scoopy, rapiin plastik laundry.

12:32
keluar dari gerbang kosan, papasan dan say hai sama ibu-ibu tetangga.

12:32 (lebih dikit)
dari jauh terlihat sebuah inova (entah xenia) menutupi separuh jalan.

12:32 (lebih banyakan)
Scoopy yang gw tumpangi mendekati mobil. Gw ambil jalan lebih ke kiri buat jauhin mobil. Ada kekuatiran kepeleset seperti biasa, mengingat di kiri jalannya miring (depan rumah orang yang sengaja dimiringin sampe rada masuk jalan, buat masukin mobil ke garasi).

12:33 (kurang dikit)
Gw beraniin diri buat lewat jalur yang agak miring itu dengan sedikit naikin kecepatan (konon, makin ragu makin riskan buat kepeleset).

12:33 (mungkin pas)
Scoopy kepeleset beneran, dan tentu aja penunggangnya yang ganteng ini jatoh. Alhamdulillah, sempet bilang istighfar.

12:33 (lebihan)
Gw bangun dari jatuh. Dan termolohok melihat kaca spion kiri scoopy gw ancur abis. Gw lihat pecahan kacanya, eh, BERDARAH! ya ampun, spion scoopy gw bisa berdarah!
Tapi ternyata gw salah, setelah iseng liat ke arah kaki, ternyata kaki kiri gw bersimbah darah. #teringat film pembantaian di TVRI zaman dulu waktu masih kecil, tiap tanggal 30 september
Gw telusuri asal muasal darah, ternyata dari beberapa spot luka di kaki gw. Kaget jugalah, liat dua di antara beberapa spot luka yang sobek dalem banget. Tapi kok nggak sakit ya? #belom lha.

12:36
(kurang dikit) bapak-bapak yang markirin xenia (atau inova) keluar mobil, lalu ngasih pinjem betadin..
bingung mau nutup pake apa, sarung semata wayang gw akhirnya gw jadiin lap.
saat yang hampir bersamaan, gw BM-in ariefnuno dan vian yang lagi makan (ternyata bareng dwi juga). Gw minta bala bantuan.
Vian ketawa-ketiwi nganggep gw becanda.
Nggak lama, dateng bapak-bapak tetangga (keknya suami ibu tetangga yang tadi papasan dan say hai), dia nolongin gw bawain Scoopy balik ke kosan. Gw jalan kaki sambil berusaha nyetop peredaran darah yang gak mau berenti (haduh, takut kecium sama Edward Cullen nih).
Sesampainya di kosan, duduk selonjoran di sofa teras. Kaki gw diiket pake tali sama si bapak (maaf, kita lupa kenalan, Pak). Katanya, biar darahnya stop ngalir.

12:43
Gw fotoin luka gw (tetep, tema hari itu foto-foto), gw kirim ke hape Vian, kali aja dia nganggep gw becanda, soalnya gw perlu bantuan buat nganterin gw ke klinik atau RS atau dukun beranak terdekat.

Chapter cerita bberikutnya gak usah dikasih keterangan jam, ah. Males nginget2 dan ngira2 waktu kejadian. hehehe...

Ariefnuno, Vian, dan Dwi datang bak Trimasketir yang turun dari kayangan (gubrak). Walau nggak pake sayap peri atau bawa selendang, kehadiran mereka bikin hati ini ngemplong sukemplong.

Wulan sang kekasih Betis Ficky nelepon gw, dan bilang mau dateng sama Edo.

Setelah ha ha hi hi he he... sakitnya mulai kerasa.

Untuk meredakan rasa sakit (emang ngaruh ya?), gw merengek-rengek via Blacberry Messangger ke Fajar Ashari (wkwkwkwkwk)

Gw jalan sama Arifnuno pake Scoopy (yang ternyata nggak berdarah) nyari klinik terdekat. Sementara, si vian gw biarin bobo siang di kosan.
Gw dan ariefnuno dapet klinik yang gangnya sebelahan sama kosan. Tapi, mbak resepsionisnya malah bergidik liat luka di kaki gw.
"Bawa langsung ke UGD Minto harjo aja, Mas"

Okelah kalo begitu. Nggak tega ngeliat si mbak merinding disko kek gitu.
Langsung deh lalu lalang ingatan tentang tragedi jahit kaki tahun 2007. Rasanya puyeng ngebayangin aneka jarum yang bakal njas njus ke tubuh gw.
Hmm... apa dibawa ke penjahit Rochmah Benhil aja ya sekalian? Wkwkwkwk...

Sesampainya di Mintoharjo, gw dirujuk ke UGD. Gw langsung dibawa ke tempat 'eksekusi'. Sumpah, takutnya mirip kayak waktu mau disunat. Kerrr...

Ariefnuno nolongin gw ngurusin administrasinya. Sampe saat tulisan ini diketik, utang biaya pengobatan gw ke Ariefnuno belom dibayar lho. WKkwkwkwk.

Gak lama kemudian, Wulan datang sama Edo. Dia bawain kapas dan sebotol Rivanol (kehh? Kek nama temen gw di kantor, hahaha).

Beberapa perawat (keknya siswa koas), mondar-mandir ngecek keadaan gw gantian. Ada yang megang-megang kaki gw, mencet-mencet bagian tubuh yang lain (jangan ngeres), kali aja ada luka laen yang nggak keliatan.

Arief, Wulan, dan Edo diminta nunggu di luar. Buset, gak tau apa kalo gw paling takut kalo ada di posisi ini? Luka diunyeng-unyeng, pantat disuntik anti tetanus, dan tentu aja luka gw yang masih muda disuntik suntikan bius menjelang dijahit.

Gw diserbu banyak perawat. Curang ah, mereka keroyokan. Sementara, temen-temen gw gak boleh ada di sini. Abis gitu, ada yang godain aku terus lagi. AW!
Ada juga ibu yang bilang kalo lukanya distraples aja. KEHHH???? Situ kira ini nota dinas atau SK Mutasi? Pake distrapless segala. Tapi, ternyata kata Dyah Rachma Anggraini (aka Inar), emang ada kok metode straples begitu. OOO yayayaya.

Badan gw gemeteran abis. Kata bu dokter, gw tremor. Ah, apapun itu, itu semua karena gw takut setengah mampus.
Buat ngilangin stres, gw mainin hape, nyetatus di FB, gw BM-an, sms-in adek gw di Bandung dan sms-in Fitri yang lagi tugas di Surabaya. Nggak lupa, gw juga maksa-maksa Arief biar ikut masuk dan nemenin gw.

Suntikan bius emang terasa sakit. Keknya suntikannya pas di luka gw deh. Gw sabar nungguin mereka ngapa-ngapain kaki gw. Yups. 5 jahitan telah selesai. Alhamdulillah, cuma 5.

"Eit, belum lho, Mas," kata mas-mas yang dari tadi anteng jaitin.

"Kehhhhh?" batin gw.

CETUT. Bertubi-tubi suntikan bius tahap kedua, untuk luka bagian bawah. Ternyata ada 2 luka sobekan yang cukup dalem. Sialnya, nyuntiknya kok nggak sekalian aja tadi gitu lho.
Baiklah, suntikan usai. Tinggal nunggu dijahit. dan.. AW! kok disuntik lagi sih?
Hmmh... ternyata bukan suntikan, saudara-saudara. Ada sedikit bagian yang belum kena dampak bius. Jadi kerasa sakitnya pas jarum nusuk kulit dan daging.

"Waduh, tahan ya mas. Biusannya nggak nyampe situ. Ini jahitan terakhir kok." Kata mas-mas yang masih anteng aja.

Baiklah. Cuma satu dan.... selesai dengan 10 jahitan. KEPROK barudak!!! Criiiing, bunga berseri di halaman. GUBRAK.
Setelah nuntasin admin, kami pulang. Kalo gw dan Arief singgah dulu di apotik pejompongan buat nebus 2 macam obat yang harganya mahal itu. Nama obatnya Claneksi 500, dan BioCurlam.

Finally, setelah beli makan di warteg kandang monyet (makan siang yang tertunda), gw balik ke kosan. Di sana Vian lagi ngorok. Eeeeerrrrrr.....
Vian dan Arief kembali ke kantor, dan JENG JENG JENG... rasa sakit pun dimulai... oh no. Hadeh, nyampur rasa sakitnya di sekujur badan. Buru2 gw makan, minum obat, lanjut bobo.
Sebelumnya, nelepon Mama dulu buat bilang, "I'm oke". Nggak mau lha gw membiarkan nyokap dag dig dug karena kuatir. Fitri juga sempet nelepon.

Sorenya, Vian pulang bareng Dwi. Terus, datang Mbakyu Inar, ngasih sekotak kecil susu ultra.Terus, Ficky Prawiranagara datang bawain sop buah. Lanjut, dateng Fajar Ashari bawain 2 kotak nasi box Ny. H. Nani.

Ngumpul bocah dah di kamar gw. Seungguh seperti sebuah keluarga yang bahagia lengkap dengan tukang kebun dan sopir pribadi.
ALhamdulillah, ngurangin rasa sakit lha, kecuali pas mereka nyebut2 'thing' yang males gw denger. Apa coba?

Malemnya, mereka pada balik. Vian sama Dwi juga kuliah. Gw siap-siap bobo dah.
Tapi tiba-tiba.. jiah, rasa sakit kembali menyerang lebih dahsyat, dan dengan baik hatinya Mbak Inar membawakan obat penahan rasa sakit bernama Progesic Paracetamol.
Gw juga nitip Vian beliin obat yang sejenis, dan dia bawain Mefinal 500.

Endddd... sebelum tidur, gw menyantap 2 box nasi yang dibawain Fajar bareng Vian. Mantaap. Ayam goreng tulang lunak yang recomended lha.

terus,,, ZZzzzzzz

ya begitulah... cuti oh cuti... kemanakah kau lari? Cuti-cuti malah negerem di kosan berhari-hari

hadeuh, jatoh aja nyusahin banyak orang, termasuk Ngerna dan Bangdes yang besoknya dateng bawain hokben yang dimakan bareng-bareng Edo.

Pokoknya, tengkyu buat semua yaa...

^^

08 May 2011

TURBULENSI, kumpulan cerpen Sigit Rais



Turbulensi
Penulis: Sigit Rais
Penerbit: Arias
ISBN: 978-602-9160-00-0
112 halaman




"Turbulensi adalah kekacauan. Membaca kisah-kisah dalam buku Sigit Rais seperti berada pada kekacauan hubungan cinta. Ada komitmen, kemesraan, dan pengkhiana...tan."
(Fandy Hutari, penulis buku, esai, dan cerpen. Saat ini bekerja sebagai editor dan writer di Penerbit Angkasa Bandung)

"Kumpulan cerpen yang puitis. Kita bisa terhanyut dalam alur setiap cerita yang mengalun bagaikan lirik lagu."
(Wawan Setiawan, penulis)



Gejolak dan ketidakberaturan sepertinya telah menjadi identitas sebagian penulis muda menapaki proses tulis-menulis. Demikian halnya kumpulan cerita dalam Turbulensi ini--sesuai dengan makna ekstrak dari kata “Turbulensi” itu sendiri--aroma gagasan-gagasan jiwa muda dan luapan tema cerita yang variatif pun saling berloncatan. Kita diajak untuk lebih sabar memahami setiap kenangan, bahasa, pemikiran, dan alur cerita yang atraktif!
(Fina Sato)

Kekuatan fiksi Sigit Rais ada pada kemampuannya memilih kata dan memberi kejutan dengan pemilihannya itu.
Sesekali berfoya-foya dengan rangkai kata berbunga dan sangat sastra. Dan tiba-tiba berhenti, dihentak dengan pilihan kata praktis yang lugas dan ringkas menghentak. Membuat sesak napas untuk mengatur irama pikir kita yang biasa mencerna kata dan alur yang terstruktur.
Membaca karyanya, kita seolah tidak pernah tahu pilihan kata dan rangkai kalimat apa yang akan dia sajikan untuk membangun alur.
Dan...
Bum! Kita terkejut dengan pilihan kata-katanya. Bacalah, maka Anda akan terkejut!
(Sumardi Saal Saputra, pangamat bahasa dan penikmat sastra)




Saat realita jauh dari pengharapan, semua perjalanan seperti dalam turbulensi. Sejauh apa mereka (dalam cerpen-cerpen ini) melepaskan diri dari turbulensinya. Menjelajahi cerpen-cerpennya seperti menghadapkan diri pada cermin. Boleh jadi kita adalah mereka, setidaknya mereka adalah orang-orang yang kita kenal.
(Fietri Yulia, penulis lepas)


Untuk pemesanan, silakan menghubungi inbox facebook hasfapublisher atau facebook penerbit arias. Bisa juga melalui sms ke 081914032201

02 May 2011

di titik ini

....dan terkadang aku mengentikan langkah di suatu titik. Di situ, diam-diam aku mengamati gerak-gerik hatimu yang makin lama makin sulit terlacak.
Di titik ini, kembali melintas gelagat rasa yang dulu ciptakan euforia. Saat kali pertama tatapanmu bersinggungan dengan redup sayu mataku. Saat ada hangat yang berpendar dari gletser di jiwamu. Menakjubkan.
Sesekali, aku terkesiap. Tak sanggup untuk mengakui bahwa kau pernah berkali-kali membawa kejutan pada senyap lajuku. Mimpikah aku saat larut perjalananku kau isi dengan gelombang suara yang bangkitkan dahaga? Kali pertama, kali terakhir. Mungkin. Itulah titik rasa bahagia yang penuh tanya.
Berkali datang musim. Kupikir, renjana usai di pucuk luka. Tetapi, pendarmu dan apapun tentangmu masih saja melekat kuat dalam benak yang tak ingin kurusak.
Sesekali, ingin kulindas saja pepuing rasa. Tetapi, aku tak bisa.
Tak akan pernah bisa. Bahkan saat kini kupingku terasa panas karena diam-diam kau tatap.

Di titik ini, aku memahami tentang sepasang hati yang bisa jadi saling mengingini tetapi bungkam karena turbulensi.

Kekasih.
Di titik ini aku ingin menyimpanmu dalam beku gigil.
Di titik ini aku terbangun dan menyadari kita tak pernah mungkin bisa bersama.

Hah

hah, tatapan macam apa itu?
Rasanya sangat familiar.
sudah, tak akan kutatap terlalu lama, seperti dulu

20 April 2011

Kesedihan dan Kegembiraan

Kesedihan dan kegembiraan, dua hal yang tentunya bertolak belakang. Keduanya kerap datang bergantian dan dari tempat yang unpredictable. Dalam hitungan detik setelah merasakan kegembiraan, bisa jadi kita langsung terjerembab dalam kesedihan. Pula sebaliknya.
Jelas, kegembiraanlah yang lebih dipilih orang.Kesedihan bisa jadi merupakan hal yang dianggap sebagai 'siksaan' yang menguras air mata.

Saat kesedihan atau kegembiraan datang, kita perlu mengendalikan diri. Keduanya bisa jadi anugerah, kasih sayang-Nya, tetapi bisa jadi akar malapetaka.

Saat berhadapan dengan kesedihan, ada yang memilih untuk larut dalam kesedihannya. Mereka membiarkan kesedihan terus membuncah dalam pikiran dan hati. DI situlah akan bertumbuh berbagai pikiran negatif yang terkadang menjerumuskan seseorang pada prasangka buruk terhadap-Nya.

Sebaliknya, saat berhadapan dengan kegembiraan, ada yang jadi lupa diri. Lalu, cenderung jumawa dan tergiring menuju kesombongan. Selanjutnya, kita akan lupa pada sekeliling kita. Kepekaan sosial kita akan tertutup oleh selimut kepuasan duniawi yang sesungguhnya hanya euforia sesaat. Kita terkadang lupa, kegembiraan yang datang itu milik siapa?

Oleh karena itu, sebaiknya kita tidak perlu berlebihan menghadapi kesedihan dan kegembiraan. Saat bersedih, berlapangdadalah. Tumbuhkan kekuatan baru yang dipicu oleh pikiran-pikiran positif. Jadikan kesedihan sebagai pengingat dan sebagai cambuk agar bisa menjadi seseorang yang lebih baik. Saat bersedih, bisa juga dimanfaatkan untuk mengukur diri. Mengevaluasi kesalahan-kesalahan yang pernah diperbuat agar tak terulang di kemudian hari. Sesekali, tengoklah ke luar diri kita, masih begitu banyak kisah tentang kesedihan yang lebih memilukan di luar sana.

Saat bergembira, bersyukurlah. Upayakan untuk berbagi kebahagiaan dengan sesama, apapun bentuknya, walau hanya seulas hangat senyum ranum. Redam letup gembira berlebihan. Lejitkan tenggang rasa. Ungkapkan kegembiraan dengan ucapan syukur atas karunia-Nya. Lalu, lanjutkan langkah dengan runduk padi dan bersiaplah menghadapi kejutan berikutnya.

DI dunia ini tak ada yang abadi, termasuk kesedihan dan kegembiraan. Semua akan datang silih berganti, di luar dugaan, di luar prediksi. Selalu tanamkan pikiran positif, tebarkan benih rendah hati di dalam diri. Semua telah menjadi ketentuan-Nya. Kita harus menjalani dan memetik setiap hikmah yang ada di baliknya.

*ditulis secara kilat saat ada gelagat rasa sedih yang bercampur dengan rasa gembira. Juga ditulis untuk mengingatkan diri sendiri sehingga termotivasi agar bisa selalu optimistis menjalani setiap gelitik detik. Maaf jika kurang berkenan. :)

April 20th 2011 11:20 PM

30 March 2011

Be the Best of Whatever You Are by Douglas Malloch

If you can't be a pine on the top of the hill,
Be a scrub in the valley — but be
The best little scrub by the side of the rill;
Be a bush if you can't be a tree.

If you can't be a bush be a bit of the grass,
And some highway happier make;
If you can't be a muskie then just be a bass —
But the liveliest bass in the lake!

We can't all be captains, we've got to be crew,
There's something for all of us here,
There's big work to do, and there's lesser to do,
And the task you must do is the near.

If you can't be a highway then just be a trail,
If you can't be the sun be a star;
It isn't by size that you win or you fail —
Be the best of whatever you are!

Tetap Mengerti - Kerispatih

semua terasa salah
semua terasa hina
ketika rasa itu tak bisa lepas
dari diri yang tlah terhempas

cinta jadi suatu yang jauh dari artinya
memberi walau harus tak diberi
menerima meski tak diterima

lihatlah aku di sini
haruskah ini terjadi

lakukanlah sampai engkau puas
cari saja apa yang hatimu mau
sampai kapanpun aku
selalu mencoba untuk mengerti

teruskanlah hingga engkau jera
dustai dan khinati dan lukai hatiku
meski lautan air mataku mengering
ku coba tetap mengerti

lihatlah aku di sini
haruskah ini terjadi

lakukanlah sampai engkau puas
cari saja apa yang hatimu mau
sampai kapanpun aku
selalu mencoba untuk mengerti

teruskanlah hingga engkau jera
dustai dan khinati dan lukai hatiku
meski lautan air mataku mengering
ku coba, ku coba tetap mengerti

Sms dari Pak Memen Durahman

Suatu sore, 28 Maret 2011, saya berbincang singkat melalui sms dengan salah satu dosen saya saat kuliah dulu.
Percakapan itu ditutup dengan sms yang membuat sore itu lebih teduh dari biasanya.

"Allah mengerti hatimu lebih daripada yang kau ketahui, Allah menjangkau pikiranmu lebih daripada yang kau bayangkan, Allah telah merancang kebahagiaan daripada rancanganmu. Memen Durahman."

Hatur nuhun, Pak Memen.