Petualangan Cileunca







1 Februari, temen-temen kantor (ex kantor maksudnya) ngadain acara jalan-jalan. Mereka mau main arung jeram di kawasan Situ Cileunca Pangalengan. Waw, berhubung belum pernah ke sana dan kangen acara jalan rame-rame, aku berencana ikut. Sebetulnya, acara ini udah disebarluasin sama Anti dan Kang Enceng jauh hari. Bahkan, saat kami masih kerja di kantor. Nah, kami pun akhirnya kena phk, tapi rencana itu terus berlanjut... dan jadi deeehhh....
Tetapi, saudara-saudara... hari keberangkatan bentrok dengan test tahap 2 BPK. Walah, curiga nggak ikutan. Soalnya rombongan berangkat jam 7 pagi. Dan aku mulai test jam 8. Padahal, aku pengen banget. Kalau nyusul? Belum tentu aku bisa sampai. Orang aku belum pernah ke sana.

Hmmh... akhirnya, mereka pun berangkat. Aku juga masih berharap sempat berangkat ke sana. Jam 10, aku selesai test. Eh, setelah itu bukannya langsung berangkat, aku malah keasyikkan ngobrol dengan Fitri dan temen-temen baru yang sekelompok pas test diskusi. Jam 11 aku baru berangkat. Itu juga nggak langsung ke Pangalengan, melainkan pulang dulu ke rumah untuk siap-siap.

Jam 12.30 aku siap-siap di rumah... setelah itu, langsung deh berangkat. Hehe.. ini untuk pertama kalinya aku pergi ke suatu tempat yang belum pernah kukunjungi sebelumnya SENDIRIAN. Wak.. wak.. bener-bener berimprovisasi, ngarang we. Nggak lupa donk, tanya-tanya sama tukang gorengan, tukang becak, kenek angkot, tukang parkir, dan petugas terminal tiap ada persimpangan jalan yang membingungkan.

Perjalanan lonely ini lumayan menyenangkan juga. Asa gimanaaa gtuh... maklum, baru pertama kali perjalanan cukup jauh pake motor sendirian. Kadang-kadang aku nyempil sama rombongan orang-orang yang lagi touring. Kadang-kadang berenti dulu untuk baca sms dan ngasih laporan ke si Gokil.Pengen banget berenti dulu di pinggir hutan, foto-foto. Tapi, malu banger sendirian. Asa narsis kumahaaa kitu. Yah, lumayan seru we. Bebas. Nggak usah iring-iringan sama orang lain. Jadi nggak usah nunggu atau nguber motor lain biar keutuhan rombongan tetap terjaga. Tapi tetep aja keueung. Gimana kalo terjadi sesuatu di jalan? Kan, nggak ada yang tau. Hehee... tapi alhamdulillah... salamet sampe ka tujuan. Sampai di situ Cileunca.



Sesampainya di sana, ternyata anak-anak udah pada kelar main arung jeramnya. Hiks...! Tapi, sebenernya sih nggak apa-apa juga. Lagian maag aku rada-rada kumat. Eh, beberapa di antara mereka ternyata ada yang pengen main lagi. Jadi weh nyewa pemandu lagi. Dan... perjalanan arung jeram pun di mulai....

Aku ngerasa bego banget. Masalahnya, temen-temen mah udah pada dapet pengarahan. Sementara, aku cuma cengo. Ngikutin anak-anak yang lain. Wak, tampak bodoh. Udah mah megang dayungnya salah... dayungnya 'paketrok' terus dengan dayung temen-temen lain... pokonya mah berasa o-on. Hehe... Untunglah, naluri "si Bolang"-ku membuatku mudah beradaptasi. Tapi, yang bikin parno, kata si Akang pemandu, lagi musim ujan gini, ular-ular pada keluar. WAAK! Gokil! Jadi asa geumpeur. Gimana kalo di tengah jalan aku berpapasan dengan Pai Si Chen dan Siau Ching? Hiiiiy... (naooon deuih... emangna film Legenda Ular Putih?).



Tapi alhamdulillah, seneng juga... walaupun kurang kejutan-kejutan yang gimanaaa gituh. Aku malah hanyut nikmatin suasana hutan di kiri kanan sungai.
Oiya, pas perahu karet yang kutumpangi berhadapan dengan jeram... anak-anak pada teriak, "BOOOM!" aku cengo. Celingak-celinguk gituh.... ternyata anak-anak udah pada duduk di dasar perahu (awalnya kan duduk di bantalan semacam kursi duduk gituh). Dan dengan tampak bodohnya aku ikut-ikutan mereka duduk. Padahal, aku nggak tahu fungsinya apa. Pokoknya, setiap Tedi dan Aziz yang ada di depanku ngelakuin sesuatu, pasti aku ikutin! Untung aja pas mereka garuk-garuk kepala nggak aku ikutin juga. Dan semua kelakuanku itu ternyata diamati oleh si tengil Gokil yang duduk di belakangku dengan Dwi dan Akang pemandu. Hmmmh....
Terus, lutut aku kepukul dayung sampe rasanya ngiluuuuu banget. Gara-garanya kalo nggak salah, aku ngebenerin helm, nah, si dayung aku pegang pake satu tangan (ternyata itu nggak boleh, lho!). Terus, tiba-tiba dayungnya kepentok batu sungai. Langsung deh gagangnya yang keras banget itu ngajebred ke lutut aku. Tapi, karena malu... aku diem-diem aja we... hehehe...

Di perjalanan, aku sering cengo melongo lihat-lihat sekitar. Bukannya bantuin ngedayung! Hahaha....

Nah terus di bagian akhir, perahu digulingkan! Dan aku ketimpa perahu! Ada di bawah perahu! Untung perahunya dari karet. AKu sempet panik takut tenggelem dan kebawa arus. Syukurlah, aku ngadar kalo aku pake pelampung. Jadi, nggak panik lagi. Lagian Tedi ngingetin aku untuk nggak usah panik. Wak2... dipikir-pikir, ngapain panik, ya? Orang nggak akan tenggelem.
Nah, abis itu, kami pun main-main air di pinggir sungai. Tapi, aku nggak mau lama-lama... abis, anak-anak pada pipis di situ... HIIYYYY!!!! Geuleuh.... pantesan airnya mendadak jadi anget-anget gimanaaa gituh...wk wk wk...

Nah, setelah itu... balik lagi ke Situ Cileunca pake angkutan mobil colt. Setelah mandi dan bersih-bersih, langsung makan jagung bakar di tepi danau. Mantap!

Abis itu, pulang deh...

Comments

  1. tempat yang asyik buat berlibur. saya juga pernah kesana bareng sama temen2 kantorku yang dulu. ketagihan, pengen kesana lagi.

    ReplyDelete
  2. @teh indah: jawa barat memang mantab kalo urusan tempat wisata mah... hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts