03 May 2010

Telah Setahun

Wah, setahun terakhir ini udah jadi setahun yang terasa super cepat buatku. Tepat setahun yang lalu, 3 Mei 2009, untuk pertama kalinya aku masuk Pusdiklat BPK di Kalibata. Mungkin itulah awal langkahku dalam petualangan di BPK. Hahaha...

Aku masih inget, sore itu, sekitar jam 5 sore, aku nyampe di stasiun Jatinegara dengan membawa tas dan koper. Ceritanya sih aku mau ikut serangkaian diklat yang dilaksanain sampe bulan September 2009.

Aku dijemput sama sepupuku, Hari, yang memang udah lama tinggal dan kerja di Jakarta. Tapi baru aja nyampe, aku udah dapet pengalaman seru. Kami nyasar. Saya pikir Hari tahu jalan, ternyata nggak.
Jelas, aku diledek sama Fitri, temenku yang juga keterima di BPK. Soalnya, dia udah ngajakin aku pergi bareng keluarganya, tapi aku nolak. Bukanya apa-apa, aku pengen menikmati pemandangan yang indah dari kereta api. Hahahay.

Akhirnya setelah sasar-sasaran dan 'kapegat' hujan, sampe juga bocah botak ini di wisma Pusdiklat Kalibata. Bocah mungil ini sempet shock karena di lobi wisma orang-orang (tentunya peserta diklat juga) udah pada ngumpul dan katanya sih mau siap-siap makan malam. Walah, piye iki? Aku baru nyampe. Hal lain yang bikin shock adalah saat melihat tubuh mereka yang besar-besar (padahal nggak semuanya besar-besar, kebetulan aja yang kulihat mereka).

Singkat cerita, aku minta kunci sama mas-mas resepsionis. Aku dapet kamar 215. Berhubung belum tau di lantai berapa letak kamar 215 (dudul), aku minta anter Fitri yang kebetulan mau ngambil barang di kamarnya (lantai 4).



Masuklah aku ke kamar 215. Di sana udah ada berbagai barang tergolek. Ada tas, koper, topi. Hmm... artinya udah ada orang yang datang ke sini.

Nah, abis mandi dan ritual bersih-bersih menjaga ketampanan lainnya, aku lanjut ke ruang makan. Beuh, ternyata di ruang makan orang-orang udah pada duduk di mejanya. Dan yang bikin ngeri, semua dipandu sama dua orang berbaju loreng. Hiiiy... firasat buruk. Jangan-jangan bakal terjadi sesuatu. Bakal ada perploncoan kayak mahasiswa baru. Waaaa....

"DUDUK SIAP, GRAAAK!"

Gitu deh beliau nyiapin kami semua yang duduk di meja makan.
Nah, abis makan, kami langsung diarahin ke ruang auditorium. Letakknya ada di atas ruang makan.
Aku kebagian kursi paling belakang bareng dua orang peserta. Namanya Danu Tirtayana Permadi dan Andri Ariwibowo. Nah, nggak lama kemudian datang seorang cewek berjilbab. Namanya Aulia Rosemary.

Nah, jam sepuluh lewat, acara kenalan dan latihan nyanyi Mars dan Hymne selesai. Aku balik ke kamar. Ternyata, di depan kamar udah ada 3 orang nungguin aku. Haha... ternyata seharusnya kunci kamar kutitip di resepsionis setiap mau pergi ke luar. Eh, ini malah kubawa. Jadi, ternyata mereka nyari-nyari kunci kamar. Mereka adalah temen sekamarku. Namanya Abu, Bayu, dan Dimas.

Nah, malam itu kami berkenalan. Yah, perkenalan standar lha. Nanyain asal, latar belakang pendidikan, dan lain-lain lha. Yang jelas kami nggak terlalu banyak ngobrol coz udah malem dan besok harus bangun pagi banget. Besoknya kami harus ikut diklat Prajabatan selama dua minggu. Nah, aku masuk ke kelas Angkatan 2.


Yups, itulah hari pertamaku di tempat diklat. 3 Mei 2009. Setelah itu, ada banyak kejutan yang terjadi sampai aku dan temen-temenku ditempatin di 'habitat'nya masing-masing di seluruh Indonesia.

Mau tau cerita-cerita seru di Wisma Kalibata?
Coming soon....
hahahaha..

No comments:

Post a Comment