04 November 2010

Foto-foto di Kalimantan Selatan

Hampir lupa posting foto-foto jepretan isengku waktu di Kalimantan Selatan 19 - 22 Oktober 2010 kemaren... hehe


Pasar Terapung Sungai Barito


Jembatan Barito





Resume perjalanan

Selasa, 19 Oktober 2010
Sekitar Jam 9 pagi WIB, aku berangkat dari kantor menuju Bandara Soekarno Hatta dengan Nofrizal dan Mas Agung diantar sama mas-mas driver kantor. Kami terbang dengan pesawat Lion Air jam 11.15 WIB.
Karena ada perbedaan waktu, kami sampai di Bandara Udara Syamsudin Noor, Banjarmasin sekitar pukul 14.30 WITA.
Setelah itu, kami langsung meluncur ke Kantor BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan di Kota Banjarbaru. Tanpa teralu banyak basa-basi, kami langsung deh bertugas nyiapin kegiatan untuk hari Kamis, tanggal 21 Oktober 2010.
Sorenya (maghrib), kami langsung check in di Hotel Permata In, Banjarbaru. Nah, setelah itu aku dan Nofrizal ngelayap. Jalan kaki nyari cemilan. Kami dapet gorengan dan es jeruk doang. Haha... Setelah itu, barulah kami makan besar dengan 'tuan rumah' di salah satu restoran masakan Sunda yang katanya paling oke di Banjarbaru. Beuh, jauh-jauh ke Kalimantan eh makan makanan Sunda. Hahay.
Abis itu, kami langsung istirahat di penginapan.

Rabu, 20 Oktober 2010
Pagi-pagi menjelang siang, kami langsung ke kantor perwakilan buat gladi resik acara besoknya. Setelah gladi resik selesai, aku diajak jalan-jalan ke Martapura dengan Bu Etty, Pak Cornel, Nof, Mas Agung, dan Pak Galih driver rental mobil. Di sana belanja belanji deh. Aku beli kalung, gelang, kain, pajangan, bahkan aku beli mandau, senjata khas Kalimantan dan tameng miniatur berhias gigi sapi (hiiy) yang sering kulihat di film-film dokumenter tentang suku Dayak.
Nggak lupa kami ke toko kain Sahabat Sasirangan. Setelah itu, kami lanjut ke Cempaka untuk liat-liat pertambangan intan berlian. Waw, ternyata mencari intan atau berlian itu bukan hal yang gampang lho. Mungkin kayak nyari jarum di tumpukan jerami. Halah. Sialnya, di sana sepatu kerjaku kena lumpur deh. Padahal itu sepatu semata wayang buat acara besoknya. Tapi, tak apalah, pasti bisa dibersihin.
Nah, berhubung hari menjelang malam, kami langsung pulang ke penginapan.
Setelah istirahat sebentar, kami langsung rapat koordinasi di kantor sambil makan malam: Nasi Padang! Buset. Kemaren masakan SUnda, sekarang masakan Padang. Kedua makanan yang sering disantap setiap hari. Ini Kalimantan coooyyy... haahaha... Tapi ya namanya juga tamu, ya harus nerima dan menghargai hidangan dari tuan rumah. Harus bersyukur coz masih dapet makan. hehe...
Abis itu, kami kembali ke penginapan. Sementara, aku dan Nof lanjut ngelayap lagi nyari tukang mie rebus. Akhirnya dapet mie rebus di deket pom bensin yang beberapa jam lalu antreannya ruarrr biasa!
Stelah itu, tidur deh...

Kamis, 21 Oktober 2010
Acara pun terlaksana dengan lancar. Pimpinan keknya puas denga acara hari ini.
Selanjutnya, aku dan gerombolan lanjut makan Soto Banjar. Setelah itu, dilanjut dengan kunjungan ke Jembatan Barito yang cukup panjang. Bener deh, seumur-umur keknya baru kali ini liat jembatan yang panjang. Haha... paling2 di Jakarta liat fly over doaang.
Nah, abis itu, karena satu dan lain hal, kami turun di pom bensin perbatasan Banjarmasin dan Banjarbaru. Sopir kantor kami minta lanjut pulang. Sementara kami dianter sama temennya Mas Agung. Pertama-tama kami belanja oleh-oleh dulu di Banjarmasin. AKu sih cuma beli ikan saluang goreng kering dan kacang-kacangan. Abis bingung, takut ribet bawanya.
Abis itu, kami diajak makan LOntong Orari yang porsinya muantab abis gan.
Setelah itu, kami langsung kembali ke penginapan dan... ZZzzzzzzz (saking capeknya)

Jumat, 22 Oktober 2010
Subuh-subuh buta telepon di kamar penginapan berdering. Ternyata Mas Wahyu yg mau ngasih tau kalo aku dan Nof harus siap-siap untuk berangkat ke pasar terapung di Sungai Barito.
Tanpa mandi, aku dan Nof langsung ke lobi karena pak driver udah nungguin. Nah, sekitar 1 jam perjalanan, kami pun sampai di pasar terapung. Aku jadi inget tayangan opening salah satu tv swasta yang shooting di pasar terapung.
Unik dan bikin takjub. Baru sekarang aku liat orang-orang lalu lalang bertransaksi di pasar terapung itu. Kerennya, saat kulihat ibu-ibu naik perahu sendirian, dayung sendirian, dan kecepatannya lumayan... kerennn..

#bersambubg ya gan

No comments:

Post a Comment