11 June 2014

Piala Bergilir - Cerpen Sigit Rais -


*Majalah Hai, 3-9 Juli 2006/ Th XXX Nomor 27


Sore ini langit cerah banget. Bener-bener bertolak belakang dengan suasana hati Divan yang lagi bete abis. Mukanya kusut mengkerut kayak badut digigit semut. Gara-garanya tadi siang dia baru aja diputusin secara sepihak oleh Titi, pujaan hatinya. Padahal selama ini Divan udah berjuang mati-matian untuk jadi cowok kebanggaan Titi. Yang jelas Divan, yang selama ini dikenal sebagai playboy cap cacing, ternyata bisa setia juga sama Titi.
“Dasar cewek sembleng!” ujarnya pada sehamparan rumput bergoyang di halaman belakang rumahnya.
Tiba-tiba ada seseorang yang mencet bel rumah Divan. Ternyata itu adalah Igit, cowok biang gosip di sekolah, sahabat setia Divan.
“Eh, Git, kirain siapa,” ujar Divan sambil ngintip di balik jendela.
Tapi belum sempat dibukain pintu Igit udah nyelonong duluan sambil panik nggak karuan dan nyerocos tanpa jeda.
“Van, aduuh..gawat gawat gawat! Tau nggak Lo? Si Titi, monyet lo. Adududuh, ya ampun, dia jadian sama si Ajay!”
What? Ajay? Anaknya bandar kaen di pasar baru itu? Haaa...?” belom sempet Igit lanjutin ceritanya, eh, Divan keburu pingsan. Igit yang dari tadi udah panik sekarang jadi tambah panik.
“Hah? Aduh Van, kenapa lo? Ya ampun gimana nih? Au ah gelap! Gue kabur aja kali ya? Aduh, Van, mohon maaf lahir batin yaa...bye!” Igit buru-buru ninggalin Divan yang masih terbaring di lantai ruang tamu.

***
            Besoknya Divan dan Igit nyelidikin Titi yang, katanya sih, digosipin jadian sama Ajay.  Diam-diam mereka berdua ngekor ke mana Titi pergi. Mulai dari kelas, kantin, perpustakaan, malah pas Titi masuk toilet mereka masih aja ngekor (inget, enggak ikut ke dalem lho!). Dan untunglah penyelidikan mereka membuahkan hasil, mereka sukses mergokin Titi pas lagi mesra-mesraan dengan Ajay enggak jauh dari toilet.
            “Wah, gile juga ya Van, monyet-monyetan kok di deket toilet?  Romantis sih, tapi kan bau!” ujar Igit.
            “Van? Van? Kok diem aja? Lho? Van! Aduh! Yah, pake pingsan segala lagi! Van! Bangun Van!”
            Ternyata Divan pingsan lagi. Badannya terbaring di samping tong sampah. Kali ini hatinya sungguh berdarah-darah.

***

Seminggu kemudian Divan udah dapet pacar baru. Namanya Sukma, anak kelas dua. Enggak sia-sia dia jadi playboy cap cacing. Dalam waktu singkat cewek-cewek berdatangan mengharapkan cintanya. Tapi entah kenapa Divan memilih Sukma, perempuan berkacamata tebal yang wajahnya ditumbuhi jerawat.
“Bosen ah pacaran sama yang cantik terus.” ujarnya asal.
Titi juga enggak mau kalah. Setelah tahu Divan dapet gandengan baru, Ajay buru-buru diputusin. Menurut gosip yang disebarluaskan sama Igit, konon Ajay langsung cabut ke Bombay setelah tahu Titi selingkuh dengan Mamat dua hari yang lalu. Padahal selama ini Ajay udah ngasih segalanya ke Titi. Ajay udah ngasih cinta, perhatian, kasih sayang, bahkan Titi juga udah dikasih beberapa helai kain sari yang dicolong Ajay dari toko abahnya.
Divan cuma cengar-cengir aja ngeliat tingkah si Titi yang lagi duduk di bawah pohon beringin dengan si mungil Mamat, anak juragan sapi dari Pangalengan.
“Psst...! Mereka cocok banget ya, mirip Sadako dan Turah bocah jelangkung.” bisik Divan pada Sukma. Sebetulnya Divan panas ngeliat Titi dan Mamat. Dia masih cinta sama Titi.

***

Dua minggu kemudian Divan udah dapet cewek baru. Namanya Uphie, anak kelas satu. Sebetulnya Divan belum puas jalan bareng Sukma. Tapi tiba-tiba aja Sukma mutusin Divan setelah tahu bahwa dia hanya dimanfaatin untuk manas-manasin Titi. Anehnya setelah diputusin Sukma, Divan biasa-biasa aja. Nggak sedih, nggak bete, dan nggak pingsan seperti biasanya.
“O gitu ya? Ya udah, makasih ya Ma udah mau jadi pacarku.” ujarnya tanpa beban sambil meninggalkan Sukma yang bingung sendiri melihat tingkah Divan.
“Halah, ngapain juga gue mempertahankan dia? Masih banyak yang ngantri, nunggu giliran!” ujarnya pada Igit pada suatu hari.
Sementara itu Titi juga udah putus dari Mamat. Kali ini bukan si Titi yang mutusin. Mamat dipaksa pindah sekolah ke Semarang sama Bapaknya karena udah dua minggu ini dia udah boros pake uang tabungan buat biaya sekolahnya. Memang iya sih, selama dua minggu ini, setelah jadian sama Titi, Mamat boros banget. Dia rela ngebeliin apa aja buat Titi kayak ngebeliin baju, sepatu, tas, traktir nonton, traktir makan di café-café mahal, dan lain-lain. Pantes aja makin hari Titi makin keliatan subur alias montok.
Tapi semua itu udah lewat. Engga ada lagi shopping-shopping atau makanan enak dan mahal. Mamat udah pergi. Sekarang Titi keliatan lengket banget sama Igit. Sejak kepergian Mamat, Titi sering terlihat berduaan dengan Igit di sekitar sekolah. Dari mulai kantin, pinggir lapangan basket, bahkan di bawah pohon beringin. Engga cuma itu, pulang sekolah pun mereka jadi sering bareng.
Suatu hari Divan yang udah putus sama Uphie walau baru jadian tiga hari, kebetulan mergokin Titi dan Divan lagi asyik ngobrol di kantin Mang Ikin Ceria. Divan langsung naik darah. Dia engga rela kalo sohib semata wayangnya itu harus jadi korban si “piala bergilir”. Divan langsung menghampiri Titi dan Igit.
“Heh! Dasar piala bergilir lo! Ngapain lo deketin sohib gue? Belom puas nyari mangsa?” ujar Divan sambil marah dan menggebrak meja kantin.
Semua pengunjung kantin langsung terkejut lalu beranjak pergi meninggalkan kantin. Titi yang tadinya sedang asyik nyeruput orange juice langsung naik darah juga.
“Heh, jangan asal ngomong lo! Who do you thingk you are? Elo kali yang piala bergilir! Udah berapa puluh cewek yang elo kerjain? Anak kelas satu, dua, tiga, kenapa engga sekalian aja lo pacarin guru-guru yang udah mau pada pensiun tuh!”
“Jaga omongan lo! Dasar tukang porot!”
“Lo playboy kacangan!”
“Perek!”
Titi engga ngejawab. Hatinya benar-benar sakit. Dia engga nyangka Divan tega ngomong gitu. Sambil nangis Titi berlari ninggalin Divan dan Igit. Divan yang awalnya masih kesal, panas, dan dikuasai hawa nafsu jadi merasa bersalah. Feel guilty.
“Elo lagi Git. Kayak yang engga tau aja kelakuan tu cewek. Elo mau ya jadi salah satu korban si piala bergilir?”
“Eit Van, lo nyantai aja dulu kalee….”
“Nyantai? Lo tu ye. Tolol apa bego sih? Udah jelas-jelas dia tuh cewek engga bener. Gonta-ganti cowok seenaknya. Itu baru di sekolah ini. Di luar sana kali aja dia……”
PLAK!
Igit menampar Divan sampai Divan diam.
“Bisa diem engga sih lo? Bawel! Dari jaman Fir’aun pake popok juga harusnya gue yang bawel! Engga ada tandingan! Van, lo ngaca deh? Siapa yang piala bergilir? Siapa yang gonta-ganti pacar seenaknya? Hah? Lo salah paham tau!”
“Maksud lo?” tanya Divan yang bingung sambil mengusap-usap pipinya yang memerah.
“Si Titi itu udah beberapa hari ini lagi konsultasi sama gue. Dia tuh engga bisa lupain elo. Dia masih cinta sama lo, tau!”
Divan mengerutkan dahinya.
“Selama ini dia pacaran sama Ajay dan Mamat tuh bukan buat morotin, tapi buat nyari pengganti lo, dia pengen lupain elo, tapi dia engga pernah bisa Van.”
“Terus kenapa dulu dia mutusin gue?”
“Dulu tuh dia cuma mau nguji kesabaran dan kesetiaan lo. Gimana sih jadinya kalo lo diputusin? Apa lempeng-lempeng aja atau lo bakalan berusaha mempertahankan perasaan lo buat dia, gitu. Ternyata Titi sadar bahwa lo emang engga pernah tergantikan oleh siapapun. Cuma sayangnya lo malah ikut-ikutan jadi piala bergilir.”
“Hah?”
“Dia pengen balik lagi sama lo. Udah deh, gue tau lo masih cinta sama dia kan? Cewek-cewek yang selama ini lo pacarin cuman buat pelampiasan doang kan?”
“Terus?”
“Sekarang lebih baik lo susul dia. Lo minta maaf sama dia. Kalian buka lembaran baru, lupain luka masa lalu. Inget Man, sesama piala bergilir tidak boleh saling melukai. Oche!”
Tanpa banyak bicara lagi Divan segera berlari menyusul Titi, piala bergilir dambaannya.
“Titi….Titi….ti…ti….ti….!”

SELESAI


No comments:

Post a Comment