25 June 2013

Tenanglah

Kadang, ada perasaan bahwa orang-orang di sekeliling kita membenci kita. Kadang kita curiga, mata mereka mendelik tajam sambil saling berbisik mengisahkan hal-hal buruk tentang kita. Kadang, ada perilaku orang lain yang mengusik, walaupun kita sedang bergeming. Kadang, orang-orang itu terasa menertawai. Kadang, mereka seperti marah melihat letup bahagika kita. Kadang, mereka terlihat jumawa saat menemukan kekurangan kita sebagai manusia.
Kadang, kita merasa mereka sedang berusaha membuat kita marah, karena kemarahan kita adalah hiburan gratis bagi mereka. Kadang, ada curiga, orang-orang di sekeliling kitalah yang justru menjatuhkan nama baik kita.
Kadang kita merasa orang-orang di sekeliling kita itu adalah keseluruhan semesta raya yang membuat kita tak sanggup berkutik.

Tenanglah. Kupirkir, biarkanlah.
Luaskan pikiran. Dalam jarak 1 meter di sekeling kita mungkin ada 2 orang yang kita kenali dan juga mengenali kita, lalu dalam jarak 1 kilometer, 1000, kilometer, dan seterusnya... apakah semuanya kita kenali dan mengenali kita?

Ternyata tidak.
Pikiran kita merumit, karena terkurung di suatu area dunia. Dan itu kita proyeksikan sebagai wakil dari alam semesta. Oleh karenanya, saat ada energi-energi negatif yang kita tangkap, kita langsung menerjemahkannya sebagai energi negatif dari seluruh sisi bumi. Padahal tidak.

Jadi,
saat kita merasa orang-orang di sekeliling kita bergelagat tidak menyenangkan dan begitu mengganggu ketenangan hati kita, yang jelas-jelas tak ingin megganggu orang lain, cukup pejamkan mata. Lalu, bayangkan bahwa kita dan orang-orang di sekitar kita itu hanya sepetak kecil dalam atlas pulau yang kita pijak, hanya titik tak terlihat dalam globe, dan hanya entah apa di sehamparan tata surya, apalagi di galaksi bimasakti.
Alam raya sangat luas dan tak terjangkau. Jadi, sangat rugi jika emosi fluktuatif hanya karena seupil hal kecil di hamparan alam semesta.
Pandanglah lebih luas. Orang-orang menyebalkan itu hanya debu. Cukup lihat hal baik saja dari mereka.

Sumber gambar: http://2.bp.blogspot.com/-wHSphRihsvE/Tl3Zy_p9jmI/AAAAAAAAAC8/vL_cc4axl3E/s1600/milky-way1.jpg

No comments:

Post a Comment