22 November 2008

ABSTRAK SKRIPSI-ku (2006)

Penelitian ini berjudul POTRET PERBURUHAN DALAM TEKS DRAMA SOBRAT KARYA ARTHUR S. NALAN. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal. Pertama, adanya sebuah kesadaran bahwa setiap karya sastra, termasuk drama, memiliki kaitan erat dengan realitas sosial yang ada, baik realitas sosial saat karya tersebut ditulis maupun fakta-fakta sejarah dari masa lampau yang mempengaruhi isinya. Kedua, potret perburuhan adalah salah satu wacana menarik yang direpresentasikan oleh Arthur S. Nalan ke dalam teks drama Sobrat. Potret perburuhan yang ada di dalam teks tersebut telah memberikan gambaran mengenai buramnya potret perburuhan masa kini meski teks tersebut menampilkan latar zaman penjajahan Belanda. Ketiga, karya-karya drama Arthur S. Nalan belum banyak diteliti meski sebagai seorang penulis drama karyanya telah ikut memperkaya khazanah sastra Indonesia. Keempat, kurangnya ketertarikan masyarakat terhadap teks drama sebagai karya sastra dibanding genre sastra lainnya. Drama lebih diminati oleh masyarakat dalam bentuk pertunjukan. Padahal seperti juga prosa dan puisi, drama merupakan salah satu lahan bagi pengarang untuk mengekspresikan kegelisahan serta pandangan sosialnya sehingga memiliki manfaat bagi masyarakat pembacanya, yaitu berupa pelajaran tentang kehidupan yang bermanfaat bagi kehidupan.
Tujuan dari penelitian ini, yaitu pertama, untuk memperoleh gambaran mengenai struktur teks drama Sobrat. Kedua, untuk mengetahui masyarakat perburuhan yang digambarkan dalam teks drama Sobrat. Ketiga, untuk mengetahui cara pengarang merepresentasikan potret perburuhan yang tercermin dari teks drama Sobrat.
Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis, yaitu menggambarkan dengan jelas dan terperinci berdasarkan data-data yang terkumpul. Metode tersebut dilakukan dengan cara mendeskripsikan data-data yang terkumpul kemudian disusul dengan analisis. Langkah pertama penelitian ini adalah menganalisis unsur-unsur yang ada dalam teks drama Sobrat, kemudian dilakukan analisis terhadap hubungan antar unsur yang ada dalam teks tersebut. Kedua langkah tersebut dilakukan dengan menggunakan kerangka semiotik sehingga tampak unsur-unsur sosiologisnya. Setelah itu unsur-unsur sosiologis tadi dikaitkan dengan fakta tentang perburuhan di masyarakat dengan menggunakan pendekatan sosiologi karya sastra.
Berdasarkan hasil analisis, dalam teks drama Sobrat ditemukan beberapa hal yang erat kaitannya dengan fenomena perburuhan di Indonesia. Teks drama Sobrat menggambarkan masyarakat buruh yang hidup di zaman penjajahan Belanda, tetapi berbagai konflik seputar perburuhan yang ada di dalamnya dapat mencerminkan kondisi masyarakat perburuhan saat ini. Melalui teks drama tersebut pengarang bermaksud mengemukakan bahwa kehidupan kaum buruh di zaman pascakemerdekaan ini sama terjajahnya dengan kehidupan kaum buruh di zaman penjajahan Belanda.

2 comments:

  1. Maaf, kenalkan saya Nisa.
    Saya juga tertarik menulis skripsi tentang Drama, terutama Drama karya Kuntowijoyo..
    Bagi2 pengalaman dunk tentang penulisan skripsinya...thx

    ReplyDelete
  2. @hauro al-jannah...
    salam kenal..
    silakan, kita sharing di email sigitrais@yahoo.co.id ya

    cheers

    ReplyDelete